oleh

Patung Dewa Perang di Kelenteng Tuban Ditutup Kain

TubanDetakpos -Patung pahlawan Dewa Perang Tiongkok di Kelenteng Kwan Swie Bio Tuban, Jawa Timur, Kong Co Kwan Sie Tee Koen ditutup kain putih atas permintaan pengurus kelenteng setempat, Minggu (6/8/2017).

“Penutupan patung atas permintaan pihak kelenteng, ” kata Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Tuban Hari Sunarno di lokasi kelenteng.

Penutupan patung dewa perang Tiongkok setinggi 30, 4 meter dari kepala hingga kaki belum termasuk dasar pondasi dikerjakan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dengan memanfaatkan “crane”.

“Pekerjaan penutupan patung dimulai sejak sehari lalu,” kata Kepala BPBD Tuban Joko Ludiono.

Namun, kata dia, pekerjaan yang dilakukan hanya menjahit kain putih sebanyak 40 gelinding. “Panjang kain lebih dari 1.200 meter,” ucapnya.

Ia memperkirakan pekerjaan penutupan patung hari ini bisa selesai.”Yang sulit selain kotak crane berat juga angin di atas sehingga menyulitkan dua petugas yang menutup patung dengan kain,” ucapnya.

Dengan adanya pekerjaan penutupan patung juga protes dari sejumlah elemen masyarakat yang menolak keberadaan patung itu maka Kelenteng Kwan Sing Bio di Kelurahan Latsari, di Kecamatan Kota, ditutup untuk pengunjung terutama wisatawan.  (d1/detakpos)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini