oleh

Pejabat Gresik Ziarah ke Makam Waliyullah

GresikDetakpos –  Wakil Bupati Gresik, Jawa Timur, Mohammad Qosim, dan sejumlah pejabat dan forkopimda melaksanakan ziarah ke makam waliyullah untuk memperingati HUT ke-44 pemkab dan Hari Jadi ke 531 kota, Rabu (8/3).

Ziarah diawali dari komplek makam Sunan Maulana Malik Ibrahim yang terletak di kelurahan Gapurosukolilo Kecamatan Gresik. Di komplek makam Maulana Malik Ibrahim, rombongan Wabup juga berziarah ke makam Bupati pertama Gresik, KRT Poesponegoro yang letaknya tidak jauh dari makam Maulana Malik Ibrahim.

Selanjutnya Wabup Qosim bersama rombongan bergeser menuju komplek makam Sunan Giri di Kelurahan Kebomas Gresik. Di Cungkup Makam Kanjeng Sunan Giri, orang nomor dua di Pemkab Gresik bersama rombongan nampak khusyuk mengikuti lantunan doa dan dzikir yang dipimpin kiai setempat.

Sebelum kembali, rombongan siap berziarah menuju makam sunan Prapen yang letaknya sekitar 500 meter dari makam Sunan Giri. Disana, Wabup Qosim beserta rombongan juga terlihat khusyuk memanjatkan doa.

Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri dan Sunan Prapen merupakan Auliya yang dikenal sebagai Wali Songo atau Wali Sembilan. Sunan Giri dan Syech Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik adalah penyebar agama Islam di Gresik. Sedangkan KRT Poesponegoro adalah Bupati pertama Gresik yang menjabat pada tahun 1969 hingga tahun 1732 masehi.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono, kegiatan ziarah merupakan salah satu upaya untuk selalu ingat pada leluhur. Oleh karena itu, kegiatan ziarah ini dilakukan tiap tahun yakni saat peringatan HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik.

“Kita jadikan moment peringatan HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik ini untuk selalu ingat kepada pendahulu kita. Yakni dengan melakukan ziarah seperti ini. Dan ini selalu kita lakukan setiap tahun,” ucap Suyono. (*/sdm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini