oleh

Pemkab Lamongan Gelar JMF Tiga Kali

LamonganDetakpos –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur, menggelar “job market fair” (JMF) tiga kali dalam setahun sebagai usaha mengurangi tingkat pengganguran terbuka dan kemiskinan,” kata Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati saat membuka JMF Tahap ke 3 di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Lamongan, Selasa (5/12).

“Jika jumlah pengangguran berkurang, maka secara otomatis angka kemiskinan akan turut menurun. JMF ini adalah bagian dari upaya tersebut,” kata dia.

Di akhir sambutannya, Kartika menyampaikan apresiasinya kepada seluruh perusahaan yang terlibat dalam JMF. Dia berharap di JMF mendatang akan semakin banyak tenaga kerja yang terserap.

Kartika juga mengunjungi sejumlah stand-stand perusahaan di JMF. Dalam dialognya dengan salah satu perusahaan, dia memastikan agar perusahaan tersebut membayar pekerja sesuai UMK dan memberikan mereka jaminan asuransi.

JMF tahap ke-3 yang membuka 2.296 lowongan itu seperti disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lamongan Moh. Kamil, diikuti 32 perusahaan dari tujuh kabupaten. Yakni dari Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Bojonegoro dan Rembang.

Dia optimistis JMF akan bisa secara signifikan menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Lamongan. Dalam JMF ke 1 dan 2 lalu, dari 3.336 lowongan yang dibuka, sebanyak 1.435 diantaranya terisi pekerja.

Sementara itu Upah Minimum Kabupaten (UMK) Lamongan tahun 2018 nanti menjadi Rp1.850.000/bulan meningkat dibandingkan tahun ini yang hanya Rp1.701.000/bulan. (*/d1/detakpos)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini