oleh

Pemkab Tuban Akan Buatkan Kandang Kambing Nenek Kaminah

TubanDetakpos –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, akan membuatkan kandang kambing nenek Kaminah (80) warga Desa Jadi, Kecamatan Semanding, juga memberikan santunan Rp300 ribu/bulan untuk menunjang kehidupannya. 

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tuban Rohman Ubaid di Tuban, Kamis (5/4), menjelaskan sebagaimana arahan Bupati Tuban Fathul Huda, serta  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban akan segera klarifikasi ke lokasi.

“Pekan ini Baznas akan melakukan survei dan verifikasi untuk segera memberikan bantuan berupa pembuatan kandang kambing di samping rumah nenek Kaminah,” kata dia.

Selain itu, juga akan dilakukan identifikasi terhadap kondisi objektif nenek Kaminah untuk dapat diajukan memperoleh santunan.

“Jika telah memenuhi syarat nenek Kaminah akan mendapatkan santunan sebanyak Rp300 ribu per bulan,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kabupaten Tuban juga akan segera melakukan survei guna melihat kondisi langsung nenek Kaminah untuk dimungkinkan dan diajukan menerima santunan fakir miskin pada PAPBD tahun 2018.

“Nantinya, nenek Kaminah akan mendapatkan santuan Rp200 ribu per bulan melalui Dinsos bila semua syarat telah terpenuhi,” katanya menjelaskan.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban melalui Puskesmas juga telah mengikutkan nenek Kaminah pada program pelayanan kesehatan dan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

“Nenek Kaminah tiap bulan rutin telah mengikuti program pemeriksaan tersebut dan saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat,” jelas Mantan Camat Jenu ini.

Di samping itu, Nenek Kaminah juga telah terdaftar dan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).  Perihal keberadaan tiga ekor kambing, Rohman Ubaid menuturkan bahwa ketiga kambing tersebut merupakan bantuan program Pengentasan Kemiskinan dari Pemkab Tuban beberapa tahun lalu.

Selain itu, nenek Kaminah juga telah mendapat bantuan subsidi beras (Rastra) melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Jadi.

Tidak hanya itu, beberapa tahun lalu nenek Kaminah juga mendapatkan bantuan dari Kodim 0811/Tuban berupa renovasi rumah melalui program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Pada pelaksanaan program RTLH, pembangunan rumah juga dibantu Pemdes Jadi. (*/ags)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini