oleh

Pergantian Tahun Baru, Kapolres Ancam Tilang Kenalpot Brong 

Pewarta: Hadi

Bojonegoro-Detakpos Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, mengimbau kepada masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun baru agar meningkatkan kewaspadaan dan keamanan.

Pasalnya, gangguan ketertiban umum kerap terjadi terutama pada saat masyarakat berkumpul di suatu titik. Gangguan yang sering terjadi seperti perampasan, pencopetan bahkan gendam.

Oleh karena itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro memberi lima imbauan penting kepada masyarakat yang akan merayakan malam tahun baru pada Minggu besok (31/12).

Pertama, masyarakat yang akan keluar rumah agar berdoa terlebih dahulu agar selalu diberi perlindungan dan keselamatan. ”Juga pastikan rumah dalam keadaan aman saat ditinggal bepergian. Selain itu, jangan lupa membawa jas hujan, karena malam tahun baru diprediksi akan terjadi hujan deras,”tambah dia.

Kedua, bagi masyarakat yang mengendarai sepeda motor agar selalu memperhatikan keamanan dan ketertiban berlalulintas di jalan raya. ”Polisi tidak segan melakukan penilangan sepedo motor apabila tidak dilengkapi surat kelengkapan serta menggunakan kenalpot brong,” tutur dia.

“Kami akan melakukan operasi gabungan berskala besar bersama aparat TNI dan instansi terkait dari pemerintah. Operasi kita fokuskan pada titik-titik menuju kota Bojonegoro,” tegas Kapolres, Sabtu (30/12).

Imbauan ketiga, bagi pengendara roda empat agar tidak kebut-kebutan serta zig-zag menyalip di tikungan.”Yang keempat, Kalau membawa barang-barang berharga seperti uang, handphone dan tas tolong dijaga, jangan membawa barang yang terlihat mencolok yang memancing para pelaku kejahatan melakukan aksi,” terangnya.

Imbauan Kapolres yang kelima yakni, masyarakat yang belum mengunduh aplikasi Crime Alarm System (CAS) milik Polres Bojonegoro, agar segera mengunduh di handphone Androidnya.

“Fungsinya apabila sedang mengalami gangguan kejahatan maupun perlu bantuan pihak kepolisian bisa langsung klik di dalamnya. Tim kami dengan cepat akan langsung ke lokasi,” paparnya.

Kapolres menambahkan, ada tujuh titik lokasi perayaan pergantian malam tahun baru yang diselenggarakan Pemkab Bojonegoro besok, di antaranya di kantor Disbudpar, Stadion, GoFun, Aston, taman Rajekwesi serta di Alun-alun Bojonegoro.

Ratusan personel gabungan siap diterjunkan untuk melakukan pengamanan pada titik-titik keramaian tersebut. Selain itu, ratusan personel lain juga siap disebar di jalan-jalan yang tercatat rawan baik kecelakaan maupun kejahatan.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini