oleh

Peringati Sumpah Pemuda Warrior Deklarasi ‘Jogja Berani’

YogyakartaDetakpos-Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktobet 2017,  puluhan anak muda dimotori Warrior FCTC Yogyakarta mendeklarasikan Semangat 1 Indonesia ‘Jogja’ Berani’ di kampung Ledok Macanan, Yogyakarta.

Para Warrior FCTC Yogyakarta, yakni Agista Siskasari, Desi Rahmawaty, Renaldo Pratama, dan Wira Setya Dharma, bersemangat menggelar aksi deklarasi. Mereka berkolaborasi dengan pengurus Forum Anak dari seluruh kota dan kabupaten di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Gelaran aksi deklarasi Semangat 1 Indonesia #Jogja Berani ini dalam rangka memperingati Wayang FCTC yang tiba di kota Gudeg pada Senin lalu.

Kota Yogyakarta menjadi kota keenam yang didatangi Wayang FCTC dalam rangkaian “Petualangan 365 Hari FCTC Warrior di 25 Kota”. Keempat Warrior Yogyakarta menerima Wayang FCTC dan naskah Deklarasi, yang menjadi simbol FCTC Warrior, dari Muslim, Warrior kota Semarang.

Warrior FCTC adalah 40 anak muda dari 25 kota di Indonesia yang berkolaborasi menolak hegemoni industri rokok dan menolak menjadi target pemasaran industri rokok. Menurut Renaldo, perwakilan Warrior Yogyakarta, ‘Jogja Berani” adalah singkatan dari Jogja Bebas Perokok Anak Sejak Kini.

”Kami mengusung tema Jogja Berani karena dilandasi komitmen kami, anak muda, untuk mendukung  Pemda DIY mengurangi jumlah perokok anak di Yogyakarta,” tegas mahasiswa Fakultas Teknik UPN Veteran Yogyakarta ini.

Warrior FCTC Yogyakarta Agista menjelaskan, pilihan menggelar aksi di Kampung Ledok Macanan disebabkan jumlah perokok anak di sini sangat besar. Selain itu, posisi kampung Ledok Macanan yang berada di tengah kota Yogyakarta membuatnya dikelilingi berbagai  billboard iklan rokok.

Selesai acara diskusi, warga mendapat stiker bertuliskan Rumah Tanpa Asap Rokok. Stiker ini akan ditempelkan di rumah warga dan menjadi komitmen bersama untuk tidak lagi merokok di dalam rumah.

Setelah Yogyakarta, Wayang FCTC dan naskah Deklarasi 10 Mei akan diperjalankan kembali dalam rangkaian Petualangan 365 hari di 25 kota. Kota Je

mber sudah menunggu untuk menerima estafet ketujuh Wayang FCTC Warrior. (d2detakpos).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini