oleh

Polres Lamongan Ajak Pendekar Silat Jaga Keamanan

LamonganDetakpos –  Polres Lamongan, Jawa Timur, mengumpulkan ratusan pendekar silat perwakilan perguruan silat untuk diajak  membantu, menjaga keamanan tetap kondusif, terutama selama pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur, Kamis (1/3).

“Alhamdulillah di Lamongan kondusif. Hal ini terwujud atas kerjasama semua pihak baik dari TNI, Polri, pemerintah, dan masyarakat. Kita tidak ingin yang ada di video tadi terjadi di Lamongan,” kata Bupati Lamongan Fadeli, di Lamongan, Kamis (1/3).

Di sesi sebelumya memang ditayangkan gambar visual dari daerah lain yang menunjukkan perpecahan dari beberapa perguruan silat.

Oleh karena itu, salah satu solusinya, Fadeli meminta agar pesilat di daerahnya profesional dengan difasilitasi di ajang kompetisi resmi.

“Saya meminta KONI dan IPSI untuk memperbanyak kompetisi kompetisi resmi. Kalau perlu diadakan Piala Bupati ataupun Piala Polres nanti saya siapkan hadiahnya,” kata dia.

Dengan begitu, dia berharap para pesilat tidak menjadi pejuang jalanan, karena nanti akan rugi sendiri. Ajang silaturrahmi seperti ini sangat bagus untuk memupuk persaudaraan dan mempertahankan keadaan yang sudah kondusif ini, “ katanya menambahkan.

Menurut Kapolres Lamongan AKBP Febby DP Hutagalung, acara tersebut diselenggarakan guna menghindari hal kurang konduasif seperti yang terjadi di daerah lain.

“Ini untuk menyikapi perkembangan Kamtibmas yang dinamis. Terutama mendekati Pilgub Jatim Tahun 2018 ini, serta banyaknya berita hoax, “ kata kapolres.

Ditambahkan olehnya, tujuan acara itu juga untuk mengajak peserta dari perguruan silat untuk bersatu, mengurangi potensi konflik yang muncul agar tercipta Lamongan yang kondusif.

Untuk menambah kegayengan suasana, dalam acara yang juga dihadiri Dandim 0812 Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa tersebut dibagikan door prize pada peserta FGD. Juga dihadirkan Ustadz Anwar Zahid untuk memberikan ceramah. (*/d1)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini