oleh

Ratusan Warga Antri Zakat Fitrah Di Kodim Tuban

 

Tuban -Detakpos-Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Kodim 0811/Tuban membagikan 470 paket Zakat Fitrah kepada masyarakat miskin atau kurang mampu di wilayah sekitar Makodim Tuban, Rabu (21/6/2017).

 

Acara pembagian Zakat Fitrah tersebut dilaksanakan di Masjid Al Amin Makodim setempat, diawali sambutan Dandim Tuban Letkol Inf Sarwo Supriyo selanjutnya  tausyah singkat dan doa yang dipimpin oleh KH. Mochammad Hidayatullah (Pimpinan Ponpes Hidayatullah Sidorejo, Tuban), kemudian dilanjutkan penyerahan Zakat Fitrah kepada warga. 

 

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo mengatakan, pembagian Zakat Fitrah ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan Kodim Tuban dan diutamakan untuk kaum dhuafa yang berada di sekitar Makodim antara lain tukang becak, janda miskin, kuli bangunan dan sebagainya, selebihnya dibagikan ke tempat-tempat lain yang sudah ditentukan yaitu beberapa Yayasan dan Pondok Pesantren sekitar Makodim Tuban.  

 

“Kebutuhan warga menjelang Lebaran ini kan bertambah. Dengan pemberian paket Zakat seberat 5 kg beras ini diharapkan beban mereka menjadi sedikit lebih ringan sehingga bisa menghadapi Lebaran dengan penuh suka cita, walaupun jumlahnya terbatas karena memang dari swadaya anggota Makodim, kami tetap berharap dapat membantu warga di sekitar Makodim 0811/Tuban.” kata Dandim.

 

Dalam tausyahnya KH. Mochammad Hidayatullah menuturkan, Zakat Fitrah adalah hal yang menjadi kewajiban bagi orang islam untuk dikeluarkan, karena sebagai pembersih orang yang melakukan berpuasa Ramadhan, kecuali bagi orang fakir dan miskin.

 

“Zakat Fitrah itu dikeluarkan sejak tanggal satu Ramadhan sampai dengan malam hari raya atau sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri, dan kalau ditunaikan sesudah sholat Idul Fitri dianggap sebagai sedekah biasa,” tuturnya.

Sementara itu, Samini (55), salah seorang warga yang datang ke Makodim Tuban dengan membawa kupon pembagian zakat yang telah diterima dari panitia, mengaku senang karena pembagian zakat kali ini tertib dan tidak harus berdesak-desakan sehingga bisa langsung mendapatkan zakat bersamaan dengan warga yang lain.

 

“Alhamdulillah..Untuk menerima zakat tidak harus menunggu lama karena kupon telah dibagikan panitia sebelumnya,” ujar Samini dengan wajah senang.(d3/detakpos).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini