oleh

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Sumatera Utara

Tebing Tinggi – Detakpos – Ribuan rumah terendam banjir dan ribuan jiwa terdampak di Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Asahan dan Kabupaten Labura Provinsi Sumatera Utara, meluapnya sungai di daerah setempat,  pada Sabtu (16/9/2017),” kata
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB  Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (17/9/2017).

Dalam release yang diterima detakpos di Bojonegoro, ia menjelaskan meluapnya Sungai Padang dan Sungai Bahilang akibat hujan lebat menyebabkan banjir melanda lima kecamatan di Kota Tebing Tinggi sehingga 1.958 rumah terendam banjir dan 7.768 jiwa terdampak banjir sejak Sabtu (16/9/2017) pukul 02.00 Wib hingga sore.

“Tinggi banjir mencapai 1,5 meter,” katanya.

Sesuai data, sebanyak 18 kelurahan di lima kecamatan terendam banjir yaitu Kecamatan Padang Hulu meliputi tiga kelurahan dengan 115 KK (575) jiwa terdampak, Kecamatan Tebing Tinggi Kota meliputi lima kelurahan dengan 732 KK (2.485 jiwa) terdampak.

Selain itu Kecamatan Bajenis meliputi empat kelurahan dengan 428 KK (2.082 jiwa) terdampak, Kecamatan Padang Hilir meliputi dua kelurahan dengan 88 KK (440 jiwa) terdampak, dan Kecamatan Rambutan sebanyak empat kelurahan  dengan 290 KK (1.121 jiwa) terdampak.

“Tidak ada korban jiwa meninggal akibat banjir,” ucapnya.

Menurut dia, korban banjir mengungsi ke rumah warga yang tidak terlanda banjir. BPBD Kota Tebing Tinggi bersama TNI, Polri, Basarnas, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan relawan melakukan evakuasi warga.

“Makanan siap saji sebagnyak 6.000 bungkus telah dibagikan kepada masyarakat,” katanya menambahkan.

Tidak hanya itu, kata dia, dapur umum telah dibangun BPBD Bersama Dinas Sosial dan Tim Penggerak PKK. Pendataan masih dilakukan. Hingga Sabtu pukul 18.00 Wib, banjir makin meluas sehingga permukiman yang terendam banjir makin bertambah. (*/d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini