oleh

Santunan Korban KM Sinar Bangun Rp 3 Miliar Diserahkan

SimalungunDetakpos-Menteri Sosial Idrus Marham menemui keluarga korban kapal tenggelam KM Sinar Bangun untuk menyerahkan bantuan dan santunan kepada korban selamat, ahli waris korban meninggal, dan ahli waris korban hilang.

“Kedatangan kedua ini dalam rangka melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo bahwa seluruh penumpang baik yang selamat, meninggal dunia maupun masih belum ditemukan, tetap mendapatkan bantuan dan santunan,” kata Mensos kepada wartawan usai penyerahan santunan di Ruang Rapat Pemkab Simalungun, Senin.

Menteri Idrus mengatakan pada 24 Juni lalu ia melihat kesiapan semua elemen dalam pencarian dan memastikan penanganan keluarga korban berjalan lancar.

Mensos menyebutkan total bantuan yang diserahkan mencapai Rp3 miliar termasuk bingkisan untuk keluarga korban, serta satu unit kendaraan dapur umum lapangan untuk Kabupaten Simalungun.

Menteri Idrus menjelaskan sebanyak 18 orang yang ditemukan selamat masing-masing mendapat Rp2,5 juta. Untuk korban yang ditemukan meninggal, masing-masing ahli waris mendapatkan Rp15 juta.

Sementara untuk 164 korban hilang masing-masing ahli waris mendapat Rp15 juta. Disela-sela acara penyerahan bantuan dan santunan, Mensos melakukan dialog dengan keluarga korban. Perwakilan keluarga korban tampak tak kuasa menahan tangis.

Beberapa di antaranya pingsan saat Mensos mendekat dan mengajak mereka mendoakan anggota keluarga yang meninggal. “Pemerintah merasakan kesedihan yang ibu-ibu rasakan. Untuk itu pemerintah akan terus bersama rakyat dan berupaya semaksimal mungkin memberikan perlindungan dan jaminan sosial kepada keluarga yang ditinggalkan,” tegas Mensos seraya perangkul pundak seorang ibu berjilbab hitam yang tak mampu menahan tangis.

Perempuan yang kehilangan tiga orang anaknya itu kemudian tak sadarkan diri. Beberapa orang tim medis menariknya dari kerumunan dan berusaha menenangkan. (dib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini