oleh

Sejumlah Peralatan Berat Dirusak Dalam Aksi di FI

MimikaDetakpos – Sejumlah peralatan berat milik PT Freepot Indonesia (FI) rusak  dalam kejadian aksi unjuk rasa seribuan orang karyawan PT FI (non aktiv)  di pos cek poin 28 areal masuk jalan tambang Distrik Kawamki Narama Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (19/8/2017) pukul 14.30 WIT.

“Dalam aksi itu terjadi penyerangan, perusakan dan pembakaran fasilitas PT FI,” kata sumber detakpos di daerah setempat, Minggu (20/8/2017).

Peralatan berat yang dibakar antara lain, satu unit ekskavator, satu unit truk tangki, satu unit truk kontainer dan satu unit mobil LWB serta perusakan pos jaga.

Selain itu massa juga merusak satu unit traktor dan puluhan sepeda motor milik karyawan PT FI yang terpakir di lokasi parkir motor.

Dari keterangan yang diperoleh karyawan PT FI yang tidak aktif itu menuntut penyelesaian permasalahan pemutusan hubungan kerja dengan alasan hak-hak karyawan serta fasilitas dicabut dan dinonjobkan tanpa ada penjelasan dan tanggapan dari Pemerintah dan PT FI.

Mengantisipasi kejadian aksi berkembang  sejumlah anggota Brimob bersenjata lengkap dan tameng serta satu unit Barakuda dibantu satu regu dan  satu unit Panser Denkav menghadang massa dipertigaan bagian dalam cek poin 28 Jalan tambang.

Massa mendirikan terop dan tenda serta mengibarkan beberapa bendera merah putih dan memalang Jalan masuk arah Jalan Tambang PT.FI di Pos Chek Poin 28 dengan menggunakan ban bekas dan besi portal.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom dengan didampingi Kapolres Mimika AKBP Victor D Mackbondi lokasi aksi  berusaha menenangkan para pelaku aksi unjuk rasa.

“Jangan sampai ada korban manusia cukup saja barang mati,” katanya. (d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini