oleh

“Sling” Tiba, Jembatan Bojonegoro-Trucuk Dilanjutkan Lagi

Bojonegoro Detakpos – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, mentargetkan pembangunan Jembatan Sosrodilogo yang menghubungkan Kecamatan Trucuk dengan Kota, sudah bisa selesai akhir Maret.

“Sling talinya sudah datang,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jalan dan Jembatan Pemkab Bojonegoro Andi Tjandra kepafa detakpos, di Bojonegoro, kemarin.

Ia menjelaskan bahwa saat ini kapal yang nembawa kabel tersebut sudah ada di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Dia memperkirakan minggu pertama Maret kabel itu sudah  tiba di Bojonegoro. Saat ini kapal sendiri sudah antri bongkar di Tanjung Perak serta menunggu pemeriksaan bea cukai.

”Kami targetkan minggu pertama Maret sudah sampai Bojonegoro,” katanya.

Selanjutnya, tambah dia pengerjaan penyambungan akan kembali dilakukan. Di mana untuk sisi Bojonegoro lanjut Andi masih kurang satu segmen sementara sisi Trucuk kurang tiga segmen.

“Tinggal itu saja dan masang kawat sling,” imbuhnya.

Pria itu menjelaskan pemasangan dan keseluruhan proyek sendiri menyisakan 22 persen. Dan pemasangan lanjut dia tidak akan membutuhkan waktu lama.

“Karena semua material sudah ada diposisinya dan tinggal masang,” jelasnya.Sesuai jadwal jika minggu petama Maret tali sling datang maka paling lambat akhir Maret sudah akan tuntas. Jembatan tersebut akan bisa dilalui kendaraan sanpai 40 ton. “ cukup besar memang dan lumayan,” katanya.

Menurut dia, pembangunan jembatan Sosrodilogo mengalami keterlambatan, karena sesuai jadwal harus sudah selesai akhir 2017. Karena di luar dugaan tambah Andi pengadaan tali sendiri tak bisa di lakukan di Indonesia.

Sementara barang tambah dua harus berstandar nasional Indonesia atau SNI. “Ini kasus pertama dan memerlukan terobosan sehingga membutuhkan waktu agak panjang,” imbuhnya.

Pembangunan jembatan Sosrodilogo sendiri sudah dimulai beberapa tahun lalu. Namun infrastruktur baru dimulai dua tahun ini. Untuk infrastruktur ini dianggarkan biaya sampai Rp80 milliar. Karena keterlambatan sling itu pengerjaan jembatan tersebut sempat terhenti sekitar tiga bulan.(*/d4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini