oleh

Suhu Bojonegoro Lebih Panas Dibandingkan Daerah Lain

BojonegoroDetakpos  –  Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Bojonegoro Nurul Azizah mengatakan suhu di daerahnya 37 derajat celsius lebih panas dibandingkan daerah lainnya di Jawa Timur, yang rata-ratanya sekitar 36 derajat celsius.

“Beberapa bulan terakhir suhu rata-rata Bojonegoro 37 derajat celsius. Padahal, suhu rata-rata daerah lain di Jawa Timur, hanya 36 derajat celsius,” kata dia di Bojonegoro, kepada ratusan siswa SMP Model Terpadu Bojonegoro, Selasa (10/4).

Berbicara dalam kegiatan “Rimbawan Menyapa Siswa” yang digelar Kesatuan Pemangkutan Hutan (KPH) Bojonegoro, ia memberikan gambaran suhu daerahnya yang lebih tinggi dibandingkan daerah lain itu tidak lepas dari berkurangnya hutan dan pohon peneduh.

Selain itu, kata dia, meningkatnya suhu udara juga dipengaruhi bertambahnya kendaraan bermotor.

“Menanam pohon banyak fungsinya, salah satunya akan mempengaruhi suhu,” ucapnya menegaskan.

Ia sependapat dengan Administratur KPH Bojonegoro Daniel B Cahyono bahwa hutan sangat penting bagi kehidupan manusia, sehingga harus dilestarikan.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro Hanafi mengatakan pembangunan di daerahnya mulai bidang ekonomi, sumber daya manusia (SDM), dan lingkungan harus bisa terus berjalan berkelanjutan.

“Pembangunan harus berjalan berkelanjutan,sehingga yang menjadi penerus pembangunan ya kalian semua (para siswa),” di Bojonegoro, Selasa.

Oleh karena itu, ia meminta para siswa juga ikut mencintai lingkungan agar hutan di daerahnya tetap lestari.

Administratur KPH Bojonegoro Daniel B Cahyono, sebelumnya, mengatakan mempertahankan kelestarian hutan penting dilakukan karena bermanfaat sebagai tampungan air, penghasil oksigen, mencegah erosi dan penyerap karbon dioksida.

Kegiatan “Rimbawan Menyapa Siswa” dengan tema “Cinta Hutan: Cara Keren Jadi Remaja” yang digelar kali ini sudah keempat kalinya.

Di dalam kegiatan sebelumnya juga mengundang para siswa juga mahasiswa dan pecinta lingkungan. Di dalam kegiatan kali ini, diisi dengan “Edutainment” terkait kelestarian hutan, selain hiburan Alaska Band dengan dimeriahkan sejumlah penyanyi Duta Hutan Lestari.

“Para siswa memperoleh bantuan bibit pohon Juwet gratis, untuk ditanam di pekarangan rumahnya masing-masing,” kata Humas KPH Bojonegoro Markum. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini