oleh

Taqwa dan Berkorban untuk Kemaslahatan Umat

JemberDetakpos– Taqwa jangan semata -mata diartikan takut kepada Allah dan tidak pula hanya diartikan menjalankan perintah dan menjauhi laranganNya. Tapi seseorang yang bertaqwa pada Allah selalu berinisiatif untuk menghadirkan Allah dalam setiap langkah dan amaliah yang dilakukan.

Demikian ceramah khutab Idul Adha yang disampaikan oleh KH Misbahus Salam di Masjid Darus Salam Jember, Jawa Timur, Jumat, (1/9/2017).   Adanya bencana dimuka bumi ini bukan karena Allah sudah tidak sayang pada hambanya,  tapi karena perbuatan manusia yang sudah melampaui batas dan  tidak mengamalkan nilai nilai ketaqwaan.

” Firman Allah sudah sangat jelas bahwa Allah SWT tidak akan merusak suatu negeri dengan dhalim, sedangkan penduduknya orang orang yang berbuat baik, ” kata Kyai Misbah dalam khatbahnya.        

Dia juga menjelaskan bahwa syariat penyembelihan qurban memiliki kandungan makna : pertama agar kita berusaha membuang sifat-sifat kebinatangan yang melekat dalam tubuh kita,

Selain itu juga adanya anjuran bagi kita untuk berpartisipasi mengatasi problem kemiskinan” Juga taqwa dan kepatuhan kita pada Allah semakin terbina dengan baik.”

Hal-hal tersebut akan mengandung multiplier effect dalam mensejahterakan masyarakat lahir maupun batin, terutama dalam mengatasi problema kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.(d2/detakpos).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini