oleh

They Lie We Die, Gerakan Lawan Kampanye Industri Rokok

JakartaDetakpos-Perwakilan They Lie We Die Campaign Hasna Pradityas mengatakan, industri rokok selama ini telah menyebarkan b0erbagai kesan yang menunjukkan seolah olah industri rokok membawa kebaikan di Indonesia.

Kebohongan yang dilakukan oleh industri rokok dalam setiap promosi dan kampanye mereka berdampak pada pembentukan citra positif dan mitos bahwa rokok adalah hal baik yang lazim untuk masyarakat

”Industri rokok terus mencari cara dan celah untuk mengakali regulasi tentang kawasan tanpa rokok (KTR),”ujar Hasna Pradityas pada kampanye Anti-Industri Rokok – They LieWeDie di Kampus UNJ Jakarta, Rabu (18/4).

TheyLieWeDie merupakan sebuah gerakan kampanye kreatif yang bertujuan untuk menyingkapi kebohongan industri rokok dan menyebarluaskan kebenaran di balik kebohongan industri itu.

Menururnya, TheyLieWeDie telah dilakukan di tiga negara yaitu India, Filipina dan Indonesia. Di Indonesia, kampanye TheyLieWeDie melibatkan anak-anak muda dari berbagai institusi pendidikan, universitas, organisasi, komunitas, maupun pribadi yang memiliki peduli tentang kesehatan dan permasalahan terkait rokok di Indonesia.

Pada bulan Maret – Mei 2018, kampanye TheyLieWeDie dilakukan dengan bekerja sama dengan lima universitas yang ada di Jakarta dan sekitarnya, yaitu Universitas Pelita Harapan, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Bina Nusantara, Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Indonesia.

”Mahasiswa terpilih dari lima universitas tersebut mengikuti pembekalan tentang latar belakang kampanye TheyLieWeDie, media sosial, sampai dengan bagaimana cara merancang dan melakukan kampanye sosial.

”Setiap universitas melaui mahasiswa terpilih diberi kesempatan untuk merancang dan sebuah acara publik terkait kampanye TheyLieWeDie dan mewujudkannya di kampus masing-masing .

”Kampanye TheyLieWeDie Roadshow akan dilakukan mulai tanggal 16 April 2018 hingga 15 Mei 2018,”tambah dia.Kampanye TheyLieWeDie, lanjut Hasna Pradityas, memiliki sebuah ikon yaitu sebuah mobil Volkswagen Combi  yang telah didesain denan mengambil inspirasi dari era “Flower Power” dan akan hadir dalam setiap kampanye TheyLieWeDie.

Ikon VW Combi dengan hashtag KombiKeliling ini nantinya akan hadir di tiap kampus dan menyambut para pengunjung #KombiKeliling ini diharapkan dapat menjadi simbol perlawanan sosial tanpa kekerasan terhadap kebohongan industri rokok (d2).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini