oleh

Tulisan Tangan Asli RA Kartini Tersimpan di Museum Tropen Belanda

Tulisan Tangan Asli RA Kartini Tersimpan di Museum Tropen Belanda

Amsterdam – Detakpos – Buku tulisan tangan asli surat-surat RA Kartini kepada Ny. Abendanon tersimpan rapi di Museum Tropen Amsterdam, Belanda.

Buku tersebut menjadi salah satu koleksi dari ribuan koleksi artefak dari berbagai negara yang pernah menjadi jajahan Belanda.

Dari keterangan Wikipedia bahasa Indonesia menyebutkan Tropenmuseum adalah salah satu museum terbesar di Amsterdam, dengan kapasitas delapan eksibisi permanen dan beberapa seri eksibisi temporer, termasuk karya fotografi modern dan tradisional.

Tropenmuseum dimiliki dan dijalankan oleh Royal Tropical Institute, sebuah yayasan yang mensponsori penelitian tentang budaya tropis di seluruh dunia. Museum ini memiliki 176.000 pengunjung pada tahun 2009

Museum ini menyimpan 175.000 buah benda, 155.000 lembar foto, dan 10.000 lembar aneka gambar, lukisan, dan dokumen. Sebanyak 15.000 objek di antaranya adalah warisan dari museum etnografi yang merupakan bagian dari Artis, Amsterdam.

Wilayah geografis dari objek-objek tersebut cukup banyak, seperti Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Barat & Afrika Utara, Sub-Sahara Afrika, Amerika Latin dan Karibia.

Museum juga memiliki beberapa koleksi yang berada di luar lingkup Tropenmuseum, seperti koleksi dari China, Jepang, Korea, dan Eropa.

Koleksi fotografi terutama terdiri dari foto-foto sejarah dari koloni Belanda yang berasal dari tahun 1855 hingga 1940. Tropenmuseum telah merilis sejumlah besar foto di bawah lisensi Creative Commons ke Wikimedia Commons.

Tropenmuseum juga menyimpan koleksi pertunjukan. Koleksi tersebut berupa 5.500 alat musik serta berbagai benda teater lainnya seperti topeng dan boneka (wayang). Museum juga memiliki 21.000 artefak tekstil, yang mayoritas berasal dari Indonesia. (Nove Zain Wisuda/detakpos

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini