oleh

Warga Berhamburan, Gempa Susulan 3,4 SR Guncang Banjarnegara

Banjarnegara Detakpos – Warga di sejumlah desa di Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, berhamburan keluar rumah akibat gempa susulan berkekuatan 3,4 SR, Sabtu (21/4) pukul 18.19 WIB. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwonugroho, dalam release tertulis, menjelaskan gempa yang menimbulkan suara bergemuruh itu, membuat warga panik dan  berhamburan keluar rumah.

Dalam kejadian gempa susulan itu, kata dia, berlangsung kuat sekitar 10 detik, mengakibatkan enam warga warga menderita luka-luka.

“Saat ini, lima warga setelah menjalani perawatan diperbolehkan pulang, tetapi satu warga masih menjalani rawat inap,” ucapnya.

Menurut dia, pusat gempa 25 km utara Banjarnegara dengan kedalaman 1 km. Pusat gempa di darat dengan sangat dangkal. Gempa cukup kuat dirasakan warga di Desa Kasinoman dan Sidokangen Kecamatan Kalibening.

Hingga saat ini, lanjut dia, banyak anak-anak dan lansia di tenda dengan fasilitas minim. Sebagian warga masih trauma dengan kejadian gempa sehingga  belum berani masuk ke rumahnya sejak gempa pada 18 April lalu. Apalagi, dalam kejadian gempa itu banyak rumah yang rusak.

BPBD dan aparat masih melakukan pemantauan dampak gempa. Hingga saat ini sudah terjadi gempa susulan sebanyak 9 kali sejak gempa 4.4 SR pada 18/4/2018.

“Masyarakat diimbau tetap tenang dan waspada,” ucapnya. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini