oleh

Warga Bojonegoro Kibarkan Merah Putih di Bengawan Solo

Bojonegoro Detakpos – Ratusan warga Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk dan Kelurahan  Ledokwetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar upacara HUT Kemerdekaan ke-72 RI di bantaran Bengawan Solo, Kamis (17/8/2017).

Mereka mengibarkan bendera merah putih panjang 45 meter lebar 17 meter dengan bantuan delapan perenang dari Paguyuban Karya Muda Peduli Kelurahan Ledokwetan, di perairan Bengawan Solo di daerah setempat.

“Upacara dan pengibaran bendera Merah Putih akan kami agendakan rutin setahun sekali,” Kata Anggota Paguyuban Karya Muda Peduli Kelurahan Ledokwetan, Kecamatan Kota, Bojonegoro Heri Fitrianto usai pengibaran bendera.

Menurut dia, persiapan pengibaran bendera Merah Putih di perairan Bengawan Solo itu sekitar sebulan dengan menghabiskan biaya Rp20 juta untuk pembelian kain, juga berbagai keperluan lainnya.

Sebelum itu, ratusan warga di dua desa itu menggelar upacara dengan inspektur upacara Kepala Desa Ledokwetan, Kecamatan Kota, Kusminto Tri Bawono. Sedangkan Kepala Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Marucuk yang juga berseragam kades putih-putih berdiri bersama puluhan ibu-ibu PKK dan anak-anak di atas perahu di kawasan taman Bengawan Solo (TBS).

Pengibaran bendera di atas air Bengawan Solo di daerah setempat dilakukan delapan perenang yang dilengkapi pelampung membeber dengan bantuan peserta upacara yang berada di pinggir dan di atas perahu. Selama pengibaran bendera di atas air itu, seluruh peserta upacara di dua desa baik yang ada di utara dan selatan menghormat, hingga bendera terbuka di atas air.

Sesuai rencana bendara itu akan diturunkan sore hari, sedangkan sekarang ini dengan dua buah perahu bendera merah putih dengan ukuran besar itu, mengapung di perairan Bengawan Solo setempat.

Upacara detik-detik proklamasi di daerah setempat dilakukan dengan disaksikan banyak warga di kedua desa itu, juga warga lainnya yang berdiri di tepian Bengawan Solo di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk dan TBS.

Pada kesempatan itu, Kusminto Tri bawono, membacakan sambutan Bupati Bojonegoro Suyoto dengan judul ” Bekerja Bersama Melangkah Maju”. “Untuk menyelenggarakan upacara ini tidak membutuhkan waktu lama, sebab untuk menyanyikan lagu memanfaatkan siswa SDN Ledokwetan dengan paduan suaranya yang dipimpin gurunya,” kata dia. (d1/detakpos)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini