oleh

Anggota DPR RI Bambang Ajak Masyarakat Terapkan Nilai Luhur Pancasila

BojonegoroDetakpos – Anggota DPR RI dari Fraksi PAN daerah pemilihan (dapil) IX Jawa Timur, Dr. Ir. Bambang Budi Susanto, MM., mengajak masyarakat menerapkan nilai-nilai luhur  yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kalau kita semua mau menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila maka Negara Kesatuan Indonesia akan tetap utuh,” kata dia dalam sosialisasi empat pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) di Bojonegoro.

Menurut dia, pemahaman empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, perlu disosialisasikan, demi menanamkan kembali karakter bangsa.

Dalam sosialisasi empat pilar pada 8 Juni, juga disampaikan Pancasila, sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sembagai semboyan negara.

“Kita sejak SD, SMP dan SMA sudah memperoleh pendidikan terkait Pancasila jadi semua seharusnya sudah memahami hal itu,” kata dia kepada sekitar 200 warga di daerah setempat, termasuk simpatisan PAN.

Ia menyebutkan tantangan kebangsaan menurut TAP MPR No.VI tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa, menurut dia, pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antarbangsa yang semakin tajam.

Selain itu, lanjut dia, juga makin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional. Lainnya masih lemahnya penghayatan dan pengamatan agama serta munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit.

Masih menurut TAP MPR, lanjut dia, juga kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebinnekaan dan kemajemukan, kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagian pemimpin dan tokoh bangsa.

“Tidak berjalannya penegakkan hukum secara optimal,” ujar dia menegaskan. (*/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini