oleh

Bacaleg Satu Dapil Bisa Gugur Jika 30 Persen Perempuan Tak Terpenuhi

BojonegoroDetakpos – KPU Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan jumlah dan bakal calon legislatif (bacaleg) yang sudah didaftarkan partai politik (Parpol) final dan mengikat.

“Karena itu kalau ada bacaleg perempuan yang gugur harus dicarikan gantinya agar tetap memenuhi kuota 30 persen perempuan,” kata Komisioner KPU K Bojonegoro Mustofirin.

Ia menyatakan hal itu menjawab pertanyaan mengenai  bacaleg perempuan terkait persyaratan yang harus terpenuhi dengan kuota sebesar 30 persen.

Dengan demikian, menurut dia, kalau ada satu bacaleg perempuan gugur sehingga suatu partai di dapil tertentu tidak memenuhi kuota tigapuluh persen perempuan maka harus dicarikan gantinya. Sebab, kalau tidak dicarikan pengganti maka bacaleg di dapil itu gugur semua.

“Sampai dengan saat ini aturannya masih seperti itu,” ujarnya.

Bahkan, ia juga mengatakan ada juga pertanyaan jika bacaleg perempuan yang gugur adalah satu dan untuk mengakali dengan menghilangkan atau mengugurkan caleg lainnya utamanya yang laki laki agar tetap memenuhi kuota juga tidak bisa dilakukan.

Karena, dia menambahkan yang didaftarkan dan sudah diterima oleh KPU K Bojonegoro bersifat final dan mengikat. ‘’Tidak bsia seperti itu harus ada gantinya,’’ katanya.

Termasuk tambah dia perpindahan bacaleg dalam satu partai dari satu dapil ke dapil lainnya juga tidak bisa dilakukan. Apalagi menurut dia bacaleg  yang pindah partai dari A ke B meskipun satu dapil juga tetap tidak bisa.

“Ya itu tadi bersifat final dan mengikat,” imbuhnya.

Mustofirin kemudian menjelaskan bahwa partai dan Bacaleg masih bisa melakukan perbaikan dan kelengkapan berkas. Dia menuturkan hal itu akan bisa dilakukan di masa perbaikan yang telah dijadwalkan KPU.

“Ya nanti duapuluh dua sampai dengan tigapuluhsatu juli mendatang,’’ tegasnya.

Pria yang kerap dipanggil Firin ini mengingatkan bahwa setelah berkas diterima maka ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan. Yaitu lanjut dia adalah mengganti termasuk menambah jumlah Bacaleg. ‘’Juga mengganti nomor urut sudah tidak bisa lagi jika sudah dinyatakan diterima berkasnya,” katanya.

Saat ini pihaknya masih melakukan verifikasi berkas. Dan hasilnya tambah dia akan disampaikan pada partai politik pada  21 Juli.

“Setelah itu baru dilakukan perbaikan,’’ katanya.

Dan dimasa perbaikan itulah lanjut dia untuk Bacaleg yang tidak memenuhi syarat bisa dilakukan penggantian oleh partai politik.  Sementara verifikasi perbaikan daftar calon dan calon pengganti  akan dilakukan 1 sampai dengan 7 Agustus mendatang.

“Pengumuman daftar Caleg Sementara atau DCS pada dua belas Agustus,” ucapnya. (*/d4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini