oleh

Berkas Belum Lengkap, Bacaleg Diberi Kesempatan sampai Akhir Juli

Pewarta: Jarwati

Bojonegoro-Detakpos-Sejumlah berkas bakal calon legislatif (bacaleg) diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, saat pendaftaran kemarin.

Tetapi masih belum lengkap, sehingga masih diberikan kesempatan waktu oleh KPU untuk melengkapi sampai dengan akhir Juli ini.

Anggota Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman mengatakan, total bacaleg untuk DPRD yang mendaftar melalui enam belas partai mencapai 631 orang.

Mereka sudah menyerahkan berkas ketika mendaftar di KPU melalui partai pengusungnya. “Saat ini, Jumat (20/07) kami sedang melakukan proses verifikasi untuk berkas seluruh bacaleg yang mendaftar. Tetapi masih banyak berkas yang belum lengkap. Karena itu, kami memberikan waktu kepada seluruh bacaleg untuk memenuhi seluruh berkasnya,” kata dia.

Dia menerangkan, untuk jenis berkas yang kurang di antaranya adalah Ijazah, sebab belum dilegalisir. Kemudian bagi aparatur sipil negara (ASN) belum melengkapi surat pengunduran diri, dan lainnya, sehingga mereka harus melengkapi sebelum 31 Juli mendatang.

“Setelah nanti proses verifikasi sudah selesai, maka akan memasuki tahap yang selanjutnya. Dan bagi yang tidak memenuhi seluruh persyaratan, sampai dengan batas waktu yang diberikan bisa jadi tidak masuk dalam daftar calon legislatif (caleg) sementara,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk bacaleg dari PDIP ada 50 orang, terdiri dari 30 orang laki-laki, dan 20 orang perempuan. Kemudian dari Partai Gerindra, 32 laki-laki, dan 18 perempuan. 

Bacaleg dari PKB 30 laki-laki, dan 20 perempuan. Partai Golkar 31 laki-laki, dan 19 perempuan. Partai Nasdem 32 laki-laki, 18 perempuan. Partai Garuda 4 laki-laki, 6 perempuan. Partai Berkarya 19 laki-laki, 11 perempuan.

Selanjutnya PKS 31 laki-laki, 19 perempuan. Partai Perindo 22 laki-laki, 14 perempuan.Bacaleg untuk PPP 32 laki-laki, 18 perempuan. PSI 8 laki-laki, 7 perempuan, PAN 31 laki-laki, 19 perempuan. Partai Hanura 17 laki-laku, 14 perempuan. Partai Demokrat 33 laki-laki, 17 perempuan. PBB 6 laki-laki, 3 perempuan. PKPI 31 laki-laki, dan 19 perempuan.

”Untuk pendaftaran ini seluruhnya memenuhi 30 persen kuotan untuk perempuan,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kalau tidak menutup kemungkinan ada yang tidak lolos menjadi caleg sementara, apabila tidak melengkapi kekurangan berkas.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini