oleh

Bertemu di Yordania, Menlu RI Sampaikan Dukungan ke Palestina

AmmanDetakpos-Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, berada di Amman, Yordania untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Palestina dan Menlu Yordania.Menlu membahas masalah Yerusalem dan menyampaikan dukungan penuh Indonesia terhadap Palestina.

Menlu Retno Marsudi juga membahas persiapan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang akan digelar pada 13 Desember di Istanbul. Menlu Retno kembali menggarisbawahi penting untuk mewujudkan perdamaian antara Palestina dan Israel dengan mendorong tercipta solusi dua negara Palestina-Israel.

“Saya ingin mengingatkan rakyat Palestina bahwa Indonesia selalu ada di belakang mereka. Kami akan bergabung dengan setiap pria, wanita maupun anak-anak Palestina dalam harapan, impian, dan doa dalam perjuangan mereka,” ungkapnya, Senin (11/12).

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo mengecam keputusan Pemerintah AS yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel tersebut.”Keputusan itu telah melanggar berbagai resolusi di PBB yang AS menjadi anggota, dan ini bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia,” kata Presiden Jokowi.

Pemerintah Indonesia berharap negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa tidak mengikuti langkah keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan berencana memindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Retno Marsudi telah mencoba menjalin komunikasi dengan Perwakilan Tinggi Uni Eropa. Retno menghubungi Uni Eropa untuk menyampaikan pesan dan harapan dari Indonesia.”Kemarin malam saya menghubungi Uni Eropa. Kami menyampaikan pesan, harapan, agar negara lain tidak mengikuti Amerika memindahkan kedutaan ke Yerusalem,” kata Retno (/*d2(

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini