oleh

Capres, Parpol Lebih Utamakan Kampanye Caleg

JakartaElektabilitas pasangan capres -cawapres 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih unggul.

Namun pasangan 02 Pabowo Subianto-Sandiaga Uno merengsek naik. Itu berdasarkan survei Puskaptis. Selisihnya tinggal 4,1 persen.

Pengamat politik Ziyad Falahi menilai hasil survei ini menunjukkan koalisi partai pendukung pasangan capres- cawapres nomor 02 tetbukti tidak permanen.

Bahkan, menurut Direktur Pusat Kajian Survei Opini Publik (PKSOP) ini, semua partai yang belum aman lolos parlementary threshold (ambang batas), lebih mengutamakan caleg masing masing.

Hasil survei ini menunjukkan adanya swing voter ke nomor urut 02.

“Fakta bahwa koalisi parpol tidak bersifat permanen. Semua partai yang belum aman lolos parliamentary tentu lebih fokus memenangkan caleg.

Menurirur Ziyad, partai pengusung Jokowi yang hampir dipastikan lolos parliamentary threshold seperti Golkar misalnya, tidak menutup kemungkinan bisa ke nomor urut dua.

Survei Puskaptis saya anggap sebagai amunisi penambah semangat bagi Badan Pemenangan Prabowo – Sandi.

Dengan selisih suara sekitar 4,1%, menurut Ziyad, tentunya akan semakin menambah semangat tim untuk terus menentukan langkah yang akan dilakukan demi semakin menarik dukungan kepada Prabowo – Sandi pada 17 April yang akan datang.

Sebelumnya, lembaga survei Puskaptis merilis hasil survei mengenai tingkat keterpilihan atau elektabilitas pasangan calon dalam Pemilu Presien 2019.

Dalam survei tersebut pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan perolehan 45,90 persen suara. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh 41,80 persen suara, dan yang belum menentukan pilihan sebanyak 12,30 persen suara.

Pewarta/Editor A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini