oleh

DPR Tolak Referendum Aceh

JakartaDetakpos-Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengimbau TNI mengantisipasi potensi gejolak keamanan pasca ajakan untuk melakukan referendum di Aceh.

Ia mengatakan agar pengawasan dan pengamana ketat harus dilakukan guna menghadirkan kenyamanan bagi masyarakat Aceh.

“Mengimbau kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengantisipasi perkembangan dari isu tentang referendum Aceh agar dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat, dan tidak menimbulkan pergolakan politik daerah lainnya,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat, (31/5).

Ia menegaskan, DPR RI menolak secara tegas rencana referendum yang akan dilaksanakan oleh rakyat Aceh. Hal itu mengingat Indonesia merupakan negara kesatuan yang berdaulat dan NKRI adalah harga mati.

Ia juga berharap para tokoh masyarakat dan pakar hukum agar bisa ikut menyuarakan kerugian referendum. Di mana hal itu juga sekarang telah tidak ada dalam peraturan perundang-undangan Indonesia.

“Saya mengimbau kepada akademisi dan pakar hukum tata negara secara bersama untuk menjelaskan kerugian yang ditimbulkan sebagai dampak dari adanya referendum, seperti menghilangkan rasa persatuan dan kesatuan sebagaimana dahulu pernah terjadi pada provinsi Timor Timur,” ujar Bamsoet.

Sebelumnya, keinginan mengenai referendum Aceh kembali disuarakan. Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) dan Ketua DPA Partai Aceh (PA) Muzakir Manaf (Mualem).
Sumber: Kabargolkar. com
Editor : AAdib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini