oleh

Jokowi-Amin Belum Aman, Prabowo-Sandi Merengsek Naik

JakartaDetakpos-Elektabilitas pasangan capres -cawapres 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin belum Aman. Sisi lain pasangan 02 Pabowo Subianto-Sandiaga Uno merengsek naik. Itu berdasarkan survei Puskaptis. Selisihnya tinggal 4,1 persen.

“Survei Puskaptis saya anggap sebagai amunisi penambah semangat bagi Badan Pemenangan Prabowo – Sandi,”ungkap Direktur Eksekutif Rumah Demokrasi Indonesia Fernando Ermas di Jakarta, Rabu (30/1).

Dengan selisih suara sekitar 4,1%, menurut Fernando, tentunya akan semakin menambah semangat tim untuk terus menentukan langkah yang akan dilakukan demi semakin menarik dukungan kepada Prabowo – Sandi pada 17 April yang akan datang.

“Saya melihat dari Tim 01 dan Tim 02 dalam melakukan kampanye untuk menarik simpati masyarakat hanya melakukan saling serang dan saling ejek,”tutur dia.

Menurut Fernando, kedua pasangan dinilai belum pada tataran penyampaian visi, misi dan program yang akan dilakukan ketika memimpin lima tahun ke depan.

“Akhirnya masyarakat dibangun kedekatan hanya melalui ikatan emosional bukan rasional,”ujar pengajar FISIP Untag 45 Jakarta ini.

Dia pun betharap jangan sampai nanti sikap saling serang tersebut membuat salah satu pasang calon akhirnya dilihat masyarakat sebagai calon yang terzalimi, sehingga menarik simpati pemilih.

“Sudah saatnya Tim 01 dan Tim 02 kembali menarik masyarakat melalui visi, misi dan melalui program kerja,”tambahnya.

Kalau memang 01 menganggap perlu untuk diberi kesempatan kedua, “Perlu memiliki alasan yang kuat dan membuat para pemilih memberikan kesempatan,”terangnya.

“Begitu juga 02 kalau memang ingin diberi kesempatan, hal apa yang membuat masyarakat akhirnya memberikan kesempatan.”

Kalau memang harus terjadi pergantian kepemimpinan, menurut Fernando, apa saja yang menyebabkan harus diganti.

“Survei hanyalah indikator yang seharusnya dipakai oleh Tim 01 atau Tim 02 untuk merancang strategi berikutnya,”pungkas Fernando.

Kemarin, Lembaga survei Puskaptis merilis hasil survei mengenai tingkat keterpilihan atau elektabilitas pasangan calon dalam Pemilu Presien 2019.

Dalam survei tersebut pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan perolehan 45,90 persen suara. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh 41,80 persen suara, dan yang belum menentukan pilihan sebanyak 12,30 persen suara.

Pewarta/Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini