oleh

Kabinet Indonesia Maju Didominasi Prefesional

Jakarta-Detakpos-Sesuai direncanakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan 38 nama menteri dan pejabat setingkat menteri yang akan membantu pemerintahannya bersama Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024.

Dalam pengumuman yang digelar di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10) pagi, dengan cara duduk bersama Presiden, Wakil Presiden, dan seluruh menteri itu, Presiden Jokowi menyampaikan nama kabinet adalah Kabinet Indonesia Maju.

“Dalam jangka pendek ini 5 tahun ke depan, fokus pada pengembangan SDM, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” kata Presiden Jokowi.

Dari 38 nama yang diumumkan oleh Presiden Jokowi menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju didominasi oleh para profesional (22), sementara dari partai politik hanya 16 orang.

Para menteri yang berlatar belakang politik adalah: 1. Airlangga Hartarto; 2. Prabowo Subianto; 3. Yasonna H. Laoly; 4. Juliari Batubara; 5. Ida Fauziah; 6. Agus Gumiwang Kartasasmita; 7. Agus Suparmanto; 8. Johny G. Plate; 9. Syahrul Yasin Limpo; 10. Siti Nurbaya Bakar; 11. Edhy Prabowo; 12. Abdul Halim Iskandar; 13. Suharso Monoarfa; 14. Tjahjo Kumolo; 15. Zainudin Amali; dan 16. Pramono Anung Wibowo.

Selain itu, 11 menteri yang tetap bertahan di posisinya dari 38 pos kementerian yang diumumkan oleh Presiden Jokowi itu. Ke-11 menteri itu adalah: 1. Menko Kemaritiman dan Investasi: Luhut B. Pandjaitan; 2. Menteri Sekretaris Negara: Pratikno; 3. Menteri Luar Negeri: Retno L.P. Marsudi; 4. Menteri Hukum dan HAM: Yasonna H. Laoly; 5. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati; 6. Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono; 7. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi; 8. Menteri ATR/Kepala BPN: Sofyan Djalil; 9. Kepala Staf Kepresidenan: Moeldoko; 10. Menteri LHK: Siti Nurbaya Bakar; dan 11. Sekretaris Kabinet: Pramono Anung.

Sumber: Humas Setkab
Editor: AAdib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini