oleh

Khofifah, Gus Ipul dan La Nyala Bakal Bersaing di Pilgub Jatim 2018

SurabayaDetakpos– Tiga nama bakal calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan La Nyalla Mattality, bakal bersaing di Pilgub Jawa Timur 2018.

Prediksi itu muncul setelah terjadi kesepakatan koalisi partai pengusung masing-masing pasangan di Pilgub yang digelar 2018 mendatang.

Menurut informasi yang dihimpun,  koalisi PKB-PDIP akan mengusung H Saifullah Yusuf-Eddy Rumpoko (Pasangan wagub incumbent dan Wali Kota Batu).

Kemudian koalisi Partai Demokrat-Gerindra-PAN-PKS mengusungLa Nyalla Mattality-Nur Wiyatno (Ketua Kadin Jatim dan Inspektorat Jatim).

Terakhir koalisi Partai Golkar-PPP-NasDem-Hanura, mengusung Khofifah Indar Prawansyah ( Mensos RI dan Hasan Aminudin DPR RI Fraksi NasDem).

Sejumlah pimpinan parpol yang dikonfirmasi ihwal tiga pasangan itu tidak ada yang menolak dan tidak membantah beredarnya  informasi munculnya tiga pasang itu bersama koalisinya.

Sekjen DPP PKB Abdul Kadir Karding ketika ditanya pasangan Gus Ipul- Edi Rumpoko yang diusung PKB dan PDIP menyatakan belum mengetahui.” Saya belum dapat info soal itu, ” jawab Karding singkat via WA, Senin (28/8/2017), malam.

Jawaban mantan sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, tidak menolak atau membantah informasi itu. Dia hanya menyatakan belum tentu benar nama-nama pasangan itu.” Belum tentu benar, PDIP belum deklarasi,”ungkap Mendagri itu dihubungi Detakpos terpisah.

Namun Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Arief Poyuono justru menyatakan bahwa nama-nama yang beredar beserta koalisi partai itu mendekati kebenarar.” Mendekati benar, ” tutur Arief.

Sementara dihubungi terpisah Sekjen DPP PPP Asrul Sani pun tidak membantah. Secara diplomatis dia  mengatakan, ” Belum bisa dipastikan saat ini,” tegas dia.

Waketum DPP PPP Arwani Tomafi juga menjawab diplomatis,  untuk sekarang informasi nama pasangan dan koalisi partai pengusung itu masih hoax.

Namun pengamat politik dan Direktur Rumah Demokrasi Indonesia Fernando Emas memprediksi hampir bisa dipastikan calon yang akan berkompetisi di Pilgub Jatim ada tiga pasangan seperti yang beredar itu.

Apabila melihat pasangan yang ada, ” Saya melihat yang benar-benar bertarung hanya dua pasangan yaitu Gus Ipul dan Khofifah,” tutur Fernando.

Pasalnya, lanjut dia, kedua pasangan tersebut yang benar-benar memiliki basis massa di Jawa Timur. ” Hanya saja siapa yang mampu mendapat simpatik dari para kiai di Jawa Timur akan besar peluangnya untuk menang.”(d2detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini