oleh

KPU: Mayoritas Warga Binaan Lapas Bojonegoro Miliki Hak Pilih

BojonegoroDetakpos – KPU Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan dari 413 warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas) di daerahnya mayoritas  warga Jatim, memiliki hak pilih yang akan memperoleh hak mencoblos dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Dari 413 warga binaan di lapas, sebanyak 203 warga Bojonegoro. Lainnya dari berbagai daerah di Jawa Timur, dan hanya sebagian kecil dari luar Jawa Timur,” kata Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Bojonegoro Mustofirin, di Bojonegoro, Jumat (2/3).

KPU, lanjut dia, baru saja menggelar sosialisasi tahapan pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada) juga Pemilihan Gubernur Jawa Timur, di lembaga pemasyarakat (lapas) yang diikuti ratusan warga binanan.

Selain melakukan sosialisasi, lanjut dia, KPU juga melakukan pencocokkan dan penelitian (coklit) penghuni lapas yang mengikuti sosialisasi pemilu.

“Dalam sosialisasi di antaranya, kami sampaikan Pilkada Bojonegoro diikuti empat pasangan,” kata dia menjelaskan.

Dalam pilkada didaerah setempat diikuti pasangan empat pasangan yaitu nomor urut 1. Soehadi Moelyono-Mitro’atin yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat dan pasangan nomor urut 2. Mahfudhoh Suyoto-Kuswiyanto, diusung PAN, Hanura dan NasDem.

Sedangkan nomor urut 3. Anna Mu’awanah-Budi Irawanto, diusung PKB, PDIP dan PKPI, serta nomor urut 4. Basuki-Pudji Dewanto, diusung Partai Gerindra dan PPP.

Menurut dia, teknis pencoblosan warga binanan lapas, akan dilakukan dengan cara petugas tempat pemungutan suara (TPS) yang berdekatan dengan lapas  datang ke lapas.

Akan tetapi, menurut dia, warga binaan baru bisa mencoblos, sebelumnya harus memiliki surat keterangan pindah mencoblos dari kepala desanya asalnya.

“Untuk warga dari berbagai daerah di Jatim akan kami koordinasikan dengan KPU di wilayah warga binaan terkait surat keterangan pindah mencoblos,” ujarnya.

Sosialisasi di lapas juga dihadiri Kepala Baskebangpol Linmas Pemkab Bojonegoro Kusbiyanto, Ketua KPU Abdim Munif, dan Divisi Teknis Penyelengara KPU Fatkhur Rochman dan Divisi Perencanaan dan Data KPU Khudlori. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini