oleh

Maju di Pilkada Bojonegoro Mitro’atin Belum Mundur dari Dewan

Perwara: Jarwati 

BojonegoroDetakpos-Ketua DPRD Bojonegoro Jawa Timur, Mitro’atin, yang maju sebagai calon wakil bupati Bojonegoro belem mundur dari anggota legislatif.

Sampai dengan Kamis (28/12), sekretareliat Dewan belum menerima pengajuan surat pengunduran anggota yang akan maju dalam Pilkada 2018, baik calon bupati maupun wakil bupati

Sekretaris DPRD (Sekwan), Ali Mahmudi mengatakan, belum ada surat yang masuk ke sekretariatan, berkaitan pengunduran diri anggota dewan yang akan mencalonkan sebagai calon bupati maupun wakil bupati.

“Kami belum mengetahui apakah nantinya ada anggota DPRD yang akan berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Pasalnya sampai sekarang belum ada yang mengajukan pengunduran diri dengan alasan tersebut, ” kata Ali.

Lebih lanjut, Ali mengungkapkan selama ini DPRD sendiri tidak pernah ada yang mengundurkan diri untuk mencalokan sebagai bupati maupun wakil bupati. Sebab peraturan yang terdahulu, mereka cukup mengajukan surat cuti saja. Kemudian kalau terpilih baru mengundurkan diri.

“Kami belum memahami mekanismenya, karena tidak ada dalam tata tertip dewan. Tetapi kami akan melakukan komunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), terkait peraturan itu, sehingga kami bisa melakukan tindak lanjut ke depannya, ” jelas dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, Sukur Priyanto membenarkan mekanisme pengunduran diri bagi anggota yang akan mengikuti pilkada.

Hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang, dan nantinya menjadi persyaratan saat mendaftar di KPU.

“Ya memang wajib mengundurkan diri. Tetapi ada tahapan-tahapan dalam pengunduran diri tersebut yang sudah diatur oleh KPU, ” ungkap politisi asal Partai Demokrat Tersebut.

Diberitakan sebelumya, bahwa Katua DPRD Hj. Miftrotin akan mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati Bojonegoro, mendampingi Soehadi Molyono. Dalam pencalonan tersebut direkomendasi oleh Partai Demokrat dan Partai Golkar.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini