oleh

Mbah Hardjo Kardi Pilih Golput Dalam Pilkada Bojonegoro

Bojonegoro – Detakpos – Mbah Hardjo Kardi yang dikenal sebagai sesepuh komunitas masyarakat Samin di Bojonegoro, Jawa Timur, memilih golput atau tidak mencoblos dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerahnya yang diikuti empat pasangan.

“Ya, saya tidak akan mencoblos dalam pilkada, sebab semua pasangan datang ke tempat saya meminta untuk didoakan,” kata dia di kediamannya di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Senin (12/3).

Bahkan, lanjut dia, pasangan Anna Mu’awanah-Budi Irawanto yang datang ke tempatnya juga menggelar pergelaran wayang kulit semalam suntuk.

Tidak hanya itu, menurut dia, jajaran KPU juga datang ke kediamannya sampai dua kali. Kedatangan KPU itu meminta nantinya dalam pilkada dirinya ikut mencoblos memilih salah satu pasangan peserta pilkada.

Kepada KPU, lanjut dia, disampaikan dirinya tetap tidak akan datang untuk mencoblos, sebab kalau dirinya ikut mencoblos salah satu pasangan, maka akan melukai tiga pasangan lainnya.

“Saya sampaikan kepada KPU bagaimana saya bisa mencoblos dengan adil tanpa melukai pasangan lainnya. Kalau memang mencoblos semua boleh ya saya coblos keempat pasangan, tetapi kan suaranya tidak sah,” katanya menjelaskan.

Hanya saja, menurut dia, kalau dalam Pemilihan Gubernur Jatim, sepertinya dirinya akan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk mencoblos. Alasannya, dua pasangan peserta Pilgub Jatim, juga timnya tidak ada yang datang ke tempatnya.

“Kalau Pilgub Jatim, saya akan mencoblos untuk memilih salah satu pasangan,” ucapnya, seraya menyebutkan pasangan yang kemungkinan akan menang dalam Pilgub Jatim.

Kepala Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyono, Nuryanto dan Camat Margomulyo, Kasmari, tercatat ada sekitar 150 kepala keluarga (KK) dengan jumlah sekitar 600 jiwa.

“Kalau sekarang yang masih memegang teguh ajaran Ki Samin Surosentiko hanya tinggal beberapa keluarga,” ucapnya menambahkan. (*/d1)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini