oleh

Pengamat: Halim Ketua Umum,  PKB Jadi Partai Keluarga Iskandar

JakartaDetakpos.com– Pengamat politik Ziyad Falahy mengatakan, rencana Abdul Halim Iskandar, kakak kandung Ketua Umum Muhaimin Iskandar, menjadi orang pertama di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) harus diurungkan.

Jika tidak dipertimbangkan kembali, maka bisa mengesankan partai ini menjadi milik keluarga Iskandar yang menurunkan elektabilitas partai besutan Gus Dur pada Pemilu mendatang.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Citra Opini Polling Study (COPS), Ziyad Falahy, menanggapi pemberitaan media di Jatim, ihwal rencana Abdul Halim Iskandar akan memimpin PKB. Sementara itu Muhaimin Iskandar akan berebut kursi Ketua Umum PBNU pada Muktamar NU 2021.

Menurutnya, Langkah merebut NU yang dilakukan PKB memang perlu dalam rangka mendongkrak elektabilitas partai tersebut pada Pemilu. 2024.

Secara perlahan, menurut Ziyad Falahy, kebijakan tersebut diprediksi akan mampu merebut swing voters yang sebelumnya memilih PPP, sehingga bisa jadi tidak lolos Parliamentary Threshold pemilu mendatang. PKB bisa masuk menjadi tiga besar.

Syaratnya, menurut dia, rencana menjadikan Abdul Halim Iskandar sebagai Ketum PKB harus dipikirkan kembali.

“Karena kesan sebagai partai keluarga Iskandar akan mengganggu kenaikan suara PKB,”tutur Ziyad Falahy, Jumat (26/3/21).

Diakui, fokus merebut simpati warga NU harus terus menerus digalakkan, karena suara dari Islam non-NU sekarang sedang mengarah ke PKS dan Demokrat.

“PKB butuh pemimpin dari luar Jawa sekaligus memperbaiki kinerjanya di luar Jawa,”pungkas Ziyad Falahy.(d/2).

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini