oleh

Pengamat: Tjahjo Isyaratkan PDIP Belum Tentu Usung Jokowi Lagi

JakartaDetakpos– Prediksi  mantan sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, bahwa partai politik pendukung Joko Widodo (Jokowi) tidak mungkin terus bersama dalam Pemilu 2019, dinilai memiliki beberapa isyarat.

Pakar komunikasi politik Universitas Paramadina Jakarta Hendri Satrio memaknai pernyataan Tjahjo Kumolo di antaranya mengisyaratkan, PDI Perjuangan belum final dalam mengusung Jokowi untuk  capres di Piemilu 2019.” Masih membuka berbagai peluang dan momentum politik menuju 2019 nanti. Itu isyarat Tjahjo Kumolo,” tutur Hendri Satrio dihubungi, Selasa, (29/8/2017).

Selain itu Tjahjo juga ingin mengisyaratkan bahwa calon tunggal pada Pimilu 2019, yang dikawatirkan sejumlah kelompok masyarakat tidak terjadi.

” Ini untuk menenangkan suhu politik setelah banyak kelompok mengajukan judicial review terkait UU Pemilu,” ujar Hendri.

Selanjutnya, menurut Hendri, Tjahjo menilai ada tokoh lain yang berpeluang menantang Jokowi di 2019. ” Tokoh ini bisa dari koalisi partai besar dan tengah atau koalisi partai tengah semua,” tutur dia.

Peluang calon,  dari militer, ekonomi atau tokoh Islam. Militer Jenderal Gatot Nurmantyo, Moeldoko dan Tito Karnavian diunggulkan. Kalau ekonomi Sri mulyani atau Chairul Tanjung. Tokoh Islam bisa TGB Zainul Majdi, Muhaimin Iskandar, Zulkifli atau KH Said Aqil Sirodj.(d2detakpos).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini