oleh

Poros Baru PAN Dongkrak Zulkifli Hasan Jadi Capres 

JakartaDetakpos-Poros baru yang digulirkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN), belum tentu bisa memecah kongsi partai pendukung Penerintahan Joko Widodo.

Pasalnya, menurut pengamat komunikasi politik Univwrsitas Paramadina, Hendri Satrio, target poros baru itu hanya meningkatkan daya tawar parpol yang hanya mengincar posisi cawapres.

Menurut Hendri, PAN menginginkan Ketua Umum Zulkifli Hasan maju sebagai capres pada Pilpres 2019.

Belum tentu pecah kongsi karena PAN deklarasi poros baru itu hanya untuk meningkatkan daya tawar parpol terhadap parpol lainnya. 

”Misalnya, PAN ingin Zulkifli Hasan maju sebagai Presiden maka yang diincar PAN adalah parpol yang cukup puas dengan mengajukan cawapres atau parpol tanpa syahwat,”tutur Hendri, Rabu, (7/3).

PAN kini membuka opsi membentuk poros baru di Pilpres 2019. Sejumlah nama, seperti eks Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Komando Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dipertimbangkan diusung poros baru. 

‘’Kan ada Pak Gatot, Anies, Muhaimin, Bang Zul, dan AHY. Tinggal diformat gimana,’’ ujar Ketua DPPPAN Yandri Susanto.

Poros baru yang dimaksud adalah yang mengusung capres alternatif, selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto. PAN menepis wacana poros baru dimaksudkan untuk memecah dukungan Jokowi. ‘’Artinya nggak bisa diprediksi juga kalau calon alternatif dimunculkan, justru yang dipecah yang bukan pendukung Pak Jokowi, belum tentu juga. Namun bisa juga dari Pak Jokowi akan tergerus juga dukungannya, bergantung orangnya siapa yang dimunculkan,’’ ujar Yandri.

Yandri menyebut, PAN hampir dipastikan akan mengusung capres selain Jokowi. PAN juga tak ingin ada calon tunggal di Pilpres 2019. ‘’Kecenderungan kuat kami Insyaallah di luar Pak Jokowi. Sebab kami tidak mau calon tunggal. Kalau semua ke Pak Jokowi ya bisa jadi calon tunggal,’’ ucap anggota Komisi II DPR itu.(d2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini