oleh

Reuni 212 Solid, Jokowi Perlu Gerakan Pro Rakyat

 

JakartaDetakpos-Efek reuni 212 di Monas, diperhitungkan oleh sejumlah pengamat politik, bahwa aksi menguntungkan pasangan capres nomor 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Direktur Rumah Demokrasi Indonesia Fernando Emas melihat reuni yang dilakukan di Monas pada 2 Desember yang lalu membuktikan bahwa masih solid.

Dia mencermati gerakan reuni 212 pada saat Pilgub DKI berhasil menumbangkan petahana pada saat itu Basuki Tjahaja Purnama.

“Gerakan 212 harus diperhitungkan secara serius oleh Presiden petahana saat ini Jokowi,” ujar pengajar Universotas 17 Agustus ’45 itu.

Dikatakan, walaupun KH Ma’ruf Amin sebagai Wapres, dia yang merupakan bekas tokoh gerakan 212, terbukti tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kehadiran para pendukung reuni gerakan 212.

Prabowo yang bisa diterima kalangan gerakan 212 juga harus bisa memberdayakan jaringan tersebut apabila ingin menang di Pilpres 2019 yang akan datang.

Pengaruh posirif gerakan reuni 212 juga disampaikan pengamat komunikasi politik Universtas Paramadina Jakarta Hendri Satrio.

“Saya katakan, bila kondisi seperti ini terus, sangat mungkin pada Februari-Maret 2019 kekuatan bisa 50-50.”tutur Hendri.

Kecuali bila Jokowi segera meluncurkan kebijakan yang ada kaitan dengan perut rakyat seperti Bansos dan lain lain.

“Politik adalah Bisnis harapan, siapa yang paling dipercaya rakyat untuk memberikan harapan maka dialah yang akan menang,”tutur dia. (dib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini