oleh

SBY-Prabowo Sepakat AHY Cawapres Bukan Harga Mati

JakartaDetakpos-Intensitas pertemuan para pemimpin partai politik kian meningkat menjelang pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada 4-10 Agustus mendatang.

Mereka berupaya menjalin rasa saling percaya dan merundingkan kesepakatan pembentukan koalisi. Hal ini juga menjadi agenda utama pertemuan yang tidak biasa antara Ketua Umum Partai Demokrat, yang juga mantan presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto.

Pertemuan kedua tokoh ini berlangsung pada Selasa (24/7) malam di kediaman SBY di bilangan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Ini merupakan pertemuan pertama SBY-Prabowo sejak tahun lalu.

Dalam pertemuan tertutup selama hampir dua jam itu ikut hadir Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Rachmawati Soekarnoputeri.Dalam jumpa pers bersama usai pertemuan, SBY mengatakan adalah hal logis bagi setiap partai untuk mencalonkan salah satu kadernya menjadi calon presiden atau calon wakil presiden. Tapi dia menekankan pencalonan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon wakil presiden bukan harga mati.

“Bagi Partai Demokrat, cawapres itu bukan harga mati. Yang penting kalau kita berkoalisi, pasangan capres dan cawapres yang paling tepat, yang paling baik, yang rakyat yakin lima tahun ke depan bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik,” kata SBY dilansir VOA.

SBY menjelaskan ada tiga isu utama yang dibahas dalam pertemuannya dengan Prabowo, yaitu bahwa kedua pihak berkomitmen agar Pemilu 2019 berlangsung secara damai, jujur, dan adil.

SBY dan Prabowo menyerukan kepada pemerintah, aparat intelijen, kepolisian, dan militer untuk benar-benar netral dan tidak berpihak dalam Pemilu 2019. Kedua pun berharap agar negara menjamin kebebasan berbicara seperti dijamin oleh konstitusi dan undang-undang selama kampanye pemilu berlangsung.Jika Pemilu 2019 benar-benar berlangsung damai, jujur, dan adil, SBY menekankan semua pihak wajib mengakui dan menerima siapa pun yang menjadi pemenang.Terkirim dari Samsung Mobile

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini