oleh

Sosialisasi Empat Pilar: Keanekaragaman Bangsa Indonesia Menjadi Pemersatu

TubanDetakpos – Nara sumber Empat Pilar MPR RI Totok Sujatmiko mengatakan keanekaragaman Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, Agama, budaya, dan ras bukan menjadi perpecahan, tapi justru menjadi pemersatu.

“Keanekaragaman Bangsa Indonesia itu tidak menjadi perpecahan, tapi menjadi pemersatu. Itulah kita Indonesia yang memiliki banyak pulau,” kata dia dalam sosialisasi yang digelar Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa Timur (Bojonegoro-Tuban), Ir. Drs. Bambang Budi Susanto, MM., di Desa Mojomalang, Kecamatan Parengan, Tuban, 9 Oktober 2018.

Kepada ratusan warga di Kecamatan Parengan itu, ia menegaskan di dalam hidup berbangsa dan bernegara yang utama yakni menjaga kerukunan.

“Wong-wong soko ndhi-ndhi rapopo. Sing penting seduluran. (orang-orang dari mana tidak masalah. Yang penting persaudaan),” katanya menegaskan.

Ia juga menyebutkan bahwa empat pilar hidup berbangsa dan bernegara ada empat yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRi dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Empat pilar itu merupakan tiang negara,” ucapnya.

Karena merupakan pilar bernegara, menurut dia, harus tetap terjaga untuk menjaga keutuhan NKRI. Ia memberikan gambaran UUD 1945 sebagai dasar negara bisa diubah, tapi pembukaannya tidak bisa diubah karena di dalamnya terdapat Pancasila.

“Kalau diubah ya sama dengan merobohkan “soko” rumah (negara),” ujarnya mengibaratkan.

Sosilisasi empat pilar di Mojomalang, Tuban. (Istimewa/detakpos/18).

Pada kesempatan itu, Ir. Bambang Budi Susanto,MM., memperkenalkan diri kepada ratusan warga yang hadir dalam acara sosialisasi empat pilar.

“Saya ini wakilnya “njenengan” *(saudara). Rumah saya di Bojonegoro,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa orang tuanya (ibu) asalnya dari Tuban, sedangkan ayah asal Glendeng, Kecamatan Kota, Bojonegoro.

“Kalau ditelusuri saya ini separuh Bojonegoro dan separuh Tuban,” ucapnya.

Dalam sosialisasi itu, Ir. Bambang Budi Susanto, MM., yang juga anggota DPR RI Fraksi PAN membagikan buku materi sosialisasi empat pilar MPR RI kepada warga.

Dalam acara itu, ia juga memperkenalkan calon anggota legislatif PAN Provinsi Jawa Timur, Irawan Subiyanto, dan caleg PAN Bojonegoro Moch. Nasir. (*/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini