oleh

Survei IDS: Akbar Ungguli Muhaimin Jadi Cawapres

Jakarta,Detakpos_ Mantan Ketua umum DPP Golkar Akbar Tandjung muncul di survei calon wakil presiden hasil survei Independent Data Survey dan diumumkan di Jakarta, Senin, (23/4).

Peneliti Independent Data Survey (IDS) Edhy Aruman mengungkapkan tokoh senior Partai Golkar itu muncul dalam survei calon presiden (cawapres) yang dipilih responden.

Bahkan elektabilitas Akbar mengalahkan nama Ridwan Kamil dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar yang gencar mengampanyekan diri sebagai cawapres.

Selain nama Akbar Tandjung, mantan politisi senior Golkar yang kini memimpin Partai Nasdem, Surya Paloh serta pendiri Partai Hanura yang juga Menkopolhukam Wiranto muncul pula sebagai cawapres yang dipilih responden. Selain itu muncul nama-nama seperti Jusuf Kalla, Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono dan juga Mahfud MD.

Munculnya nama Akbar Tandjung yang dipilih sebagai salah satu cawapres dan sederet politisi senior meramaikan panggung politik menjelang Pilpres 2019.

“Tujuan survei untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap calon pasangan calon presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam Pemilihan Presiden 2019 nanti, kemungkinan peta persaingan antarpasangan calon yang diproyeksikan akan diusung oleh partai politik di tahun 2018 ini dan peluang tokoh muda dan nonpartai dalam peta persaingan tersebut,” kata Edhy Aruman.

Selain itu muncul nama-nama cawapres seperti Yusuf Kalla, Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan juga Machfud MD.

Edhy Aruman, mengungkapkan hasil survei IDS itu,

Selama ini kata Edhy, IDS pengalaman menyelenggarakan berbagai survey nasional untuk kepentingan internal bisnis klien, namun karena menariknya situasi politik menjelang Pilpres-Pemilu 2019, IDS memperluas kegiatannya untuk melakukan survei politik.

Edhy Aruman menjelaskan, dari preferensi nama kandidat wakil presiden secara terbuka (top of mind) dan tertutup (disebut dengan alat bantu di survei), IDS mendapatkan bahwa nama Gatot Nurmantyo, Anis Baswedan, Mahfud MD dapat disebut sebagai tokoh non-partai politik yang konsisten mendapatkan responden.(d2).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini