oleh

Survei : Publik Jatim Ingin Gubernur Peduli Tingkatkan Ekonomi

 SurabayaDetakpos– Direktur executiv Indonesia Development Monitoring    (IDM) Andri Gunawan mengatakan, temuan survei menunjukkan publik semakin menjadikan kinerja Pemprov Jawa Timur dalam membuat kebijakan  yang bisa memberikan dampak ekonomi yang lebih baik pada masyarakat sebagai dasar untuk menentukan pilihan.

Kinerja yang dimaksud terkait penyelesaian permasalahan peningkatan  ekonomi  masyarakat, inovatif, dan kreatif.”Kinerja dan pengalaman serta latar belakang tokoh sangat  berkaitan dengan akseptabilitas dan kapabilitas  kriteria tokoh,” ungkap Andri di Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Tentu ini penting untuk didorong agar kontestasi Pilgub Jatim tidak melulu bersandar pada popularitas dan elektabilitas. Akan sangat kuat jika sosok tokoh  yang bersaing nanti adalah paduan antara sosok populer dan terbukti berkinerja serta mampu mengembangkan perekonomian  masyarakat yang sedang lesu dan banyak pengangguran terbuka dan tertutup  di sektor pertanian, perikanan serta di sektor usaha formal dan informal.

Survei Jajak Pendapat Masyarakat Jawa Timur  Jelang Pilkada Jawa Timur  ini dilakukan oleh Indonesia Development Monitoring dan  diselenggarakan pada 18-30 Juli  2017 meliputi 38 kabupaten/kota di Jatim dengan metode multistage random sampling, mengambil  responden sebanyak 1.816 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih tetap pada Pilpres 2014,  sebanyak 30.639.982 pemilih dengan margin of error +/_2,3  persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari pemetaan survei awal terkait nama-nama tokoh yang disebut oleh masyarakat di seluruh pelosok Jawa Timur dan menjadi berita di media cetak maupun online di Jatim maupun Nasional terdapat 7 nama tokoh yang dianggap layak untuk menjadi calon gubernur Jawa Timur pada Pilgub Jatim 2018.

nama tokoh tersebut adalahSaifullah Yusuf, Tri Risma HariniAbdullah Azwar Anas, La Nyala Mataliti, Khofifah Indar ParawangsaImam Nachrowi dan Kusnadi.Dalam jawaban survei 1816 responden didapat tingkat popularitas Saifullah Yusuf yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur ternyata hanya diperoleh sebanyak 81,3 persen responden.kemudian Tri Risma Harini Walikota Surabaya memiliki tingkat keterkenalan di publik Jawa Timur sebanyak 88,7 persen.

Khofifah Indar Parawangsa yang masih menjabat sebagai Mentri Sosial memiliki tingkat popularitas di antara semua tokoh yaitu 88,9 persen. Sementara mantan Ketua PSSI La Nyalla Mataliti memiliki dikenal oleh 88,8 persen masyarakat Jawa Timur yang diwakili oleh reponden. Kemudian Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memiliki tingkat popularitas sebesar 51,7 persen, dan Menpora Imam Nachrowi memiliki tingkat popularitas 53,7 persen dan Kusnadi yang merupakan Ketua DPD PDIP Jawa Timur memiliki tingkat popularitas 50,3 persen.(d2detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini