oleh

Tjahjo, Pramono, Sri Mulyani Diprediksi Bertahan di Kabinet Kerja II

JakartaDetakpos– Sejumlah pihak menantikan siapa saja sosok pengisi menteri di Kabinet Kerja Jilid II rancangan Presiden Joko Widodo.

Menurut Jokowi, kriteria pembantunya mengurus negara adalah orang yang bisa menuntaskan seluruh program unggulan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Kabinet yang bisa kerja, kan kabinet kerja. Sudah saya sampaikan bolak-balik, mampu mengeksekusi dari program yang ada. Kemampuan eksekutor itu yang paling penting,” kata Jokowi dalam berbagai kesempatan.

Direktur Rumah Demokrasi Indonesia Fernando Emas mengatakan, belakangan muncul beberapa nama yang diperkirakan akan mengisi Kabinet Jokowi-Amin.

“Saya melihat yang berpotensi tetap masuk kabinet adalah Luhut Panjaitan Menkopolhukam, Sri Mulyani Menkeu, Ignasius Jonan ESDM, Rini Soemarno BUMN, Basuki PUPR, Pramono Anung Mensesneg, Tjahjo Kumolo Mendagri,”kata Fernando, Selasa (28/5).

Menururnya, ada beberapa nama baru yang perlu dipertimbangkan untuk masuk kabinet, seperti Eva Sundari mengisi Menteri PPA, Meutya Hafid, dan Grace Natali.

“Saran saya, Jokowi dalam menyusun kabinetnya juga perlu memperhatikan unsur kedaerahan seperti dari Papua, Maluku, Kalimantan, Riau dan Aceh yang selama ini jarang dilibatkan dalam kabinet pemerintahan sebelumnya,”tutur pengajar Fisip Untag ’45 Jakarta.

Seperti dari Papua dan daerah lain, lanjut Fernsndo, ada berapa nama yang layak dipertimbangkan oleh Jokowi.

Dia pun mencontohkan Hironimus Hilapok yang saat ini sebagai Komisaris Adhi Karya. Untuk mewakili Ambon bisa mengangkat Adullah Tamher yang sekarang menjadi Tenaga Ahli Menteri PUPR.

Untuk mewakili kalangan aktivis 98, Jokowi bisa mempertimbangkan Sayad Junaidi Rizaldi yang juga mewakili dari daerah Riau.

“Agar rekonsiliasi bisa segera terwujud, Jokowi perlu melibatkan orang-orang yang pernah berseberangan dengan beliau. Misalnya melibatkan Dahnil Simanjuntak dan Roy Suryo sebagai Jubir Presiden,”tutur dia.(dib)

Editor : A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini