oleh

Tunda Ngajar Demi Teruskan Obsesi Kang Yoto

BojonegoroDetakpos-Calon Bupati Mahfudhph Suyoto mengirim surat terbuka kepada masyarakat Bojobegoro, Jawa Timur, ihwal dirinya akan meneruskan perjuangan meneruskan program-program suaminya Bupati Suyoto (Kang Yoto).

”Sejujurnya saya dan Kang yoto sebenarnya telah lebih dahulu merencanakan aktif menjadi dosen. Bahkan status kami sebagai dosen sudah aktif.”

”Kang yoto sudah menyelesaikan doktor. Alhamdulillah proposal doktor saya di UPSI Malasyia sudah lulus kelayakan,”ungkap Mahfudhoh dalam surat terbuka itu.

Namun rencana kembali ke kampus harus tunda, karena dirinya memenuhi panggilan cinta, ikut menawarkan diri dalam pesta demokrasi Bojonegoro.”Jika kelak saudaraku memberikan kepercayaan kepada pasangan kami (MK), kami akan berusaha keras menjadikan Pemkab Bojonegoro hadir sebagai bagian dari solusi atas masalah yang saudaraku hadapi bersama,”tulis putri mantan Rois Syuriah PCNU Lumajang itu.

Angan-anganya, jika hanya ada dalam pikiran bisa jadi hanyalah mimpi. Tapi kalau diangankan bersama, diorganisir dengan baik, terus dipelajari dan dilaksanakan pilihan terbaiknya, maka kemanfaat untuk sesama akan menjadi nyata.

”Saya percaya dengan mempertemukan niat baik, keterbukaan hati dan pikiran maka kerja sama atau gotong royong seperti yang dipesankan Bung Karno akan dapat diwujudkan.”

Alumnus Pondok Pesantren Denayar Jombang itu memahami bahwa jalan politik itu tidak mudah. Tapi dia yakin ketulusan cinta pada sesama akan membuat dirinya menjadi lautan, lem perekat, bumi dan matahari yang selalu memberi harapan bagi sesama.

Mahfudhoh pun menuliskan pengalaman mendampingi Kang Yoto sejak dilantik untuk pereode pertama dan kedua. ”Kami jalani bersama Kang Yoto tenggelam dengan kesibukannya, demikian juga saya. Kami berusaha menjalankan semua hal yang telah kami angankan saat kampanye.

”Banyak hal baru yang terus dia pelajari selama bertemu rakyat dan birokrat. Menjelang tidur dan pagi hari Bersama Kang Yoto sering berdiskusi tentang berbagai hal. Dirinya selalu berusaha membuka hati dan pikiran terhadap semua kemungkinan terbaik untuk solusi atas masalah yang ditemukan.

”Sekali lagi cinta telah membawa kami benar benar dalam lorong panjang perjalanan bersama rakyat Bojonegoro.

”Sepuluh tahun hampir berlalu, Mahfudhoh senang saat 2016 BPS mengumumkan angka kemiskinan Bojonegoro turun. Tahun 2000 Bojonegoro masih kabupaten termiskin di Jatim, tahun 2008 nomor 3 termiskin, sekarang bergeser ke nomor 11. Alias keluar dari sebutan 10 kabupaten termiskin di Jatim.

”Namun kami sangat menyadari jalan panjang mendaki masih harus ditempuh Bojonegoro agar kelak rakyatnya bisa termasuk 10 kabupaten dengan jumlah terkecil kemiskinannya.”

Sepanjang yang dia pahami ada berapa kebijakan dan program yang harus diteruskan dengan perbaikan yang diperlukan. Program jaminan kesehatan bagi yang kurang mampu, penuntasan ODF, beasiswa bagi anak sekolah SLTA dan mahasiswa bagi yang kurang mampu, dan beasiswa vocasional harus diteruskan.

Dana abadi untuk kelanjutan program beasiswa harus diperjuangkan bersama sampai terwujud. Industri migas harus terus dikawal demi pembangunan seluruh rakyat Bojonegoro. Pabrik masuk desa yang dapat memberi pekerjaan harus terus diwujudkan.

Karena itu pembangunan jalan, jembatan dan sarana pertanian harus diteruskan. Begitu juga keterbukaan pemerintah dan dialog publik bagi seluruh rakyat. Budaya rakyat Bojonegoro yang saling menghormati antara agama, ras, suku dan aliran harus terus dimantapkan.

Semua program ini sudah matooh, harus dilanjutkan. Bahkan demi mengantisipasi anak-anak muda trampil Bojonegoro harus serius menfasilitasi lahirnya industri kteatif, pariwisata dan sektor jasa di bidang kesehatan, pendidikan dan keuangan.

“Sama sama mengeluarkan biaya, saya membayangkan kelak pembangunan gedung, jalan, jembatan dibangun dengan arsitektur yang indah. Sehingga menopang wisata yang mulai marak.”

Semua angan tentang masa depan rakyat Bojonegoro yang joss matooh inilah yang terus meyakinkan diri saat akhir Desember 2017 tiba tiba ada suara yang meminta maju menjadi calon Bupati pereode 2018-2023(d2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini