oleh

Ulama Pendukung Prabowo Mendominasi, Jokowi Tetap Menang

JakartaDetakpos-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei mengenai ulama yang mempunyai pengaruh elektoral dan imbauannya paling didengarkan masyarakat.

Meski lima besar didominasi pendukung pasangan Prabowo Subianto -Sandiaga Uno, Survei menyimpulkan pasangan capres cawapres-Joko Widodo -Ma’ruf Amin masih menang di kalangan pemilih yang mendengarkan himbauan ulama.

Jokowi-Ma’ruf juga menang di pemilih yang tidak mendengarkan himbauan ulama. Hampir sama jumlahnya dengan kalangan pemilih yang mendengarkan himbauan ulama.

Bagi pemilih Indonesia, ulama adalah figur yang paling didengar himbauannya dibandingkan politisi, penulis, dan profesi lain.

Ulama lebih didengar himbauannya di kalangan masyarakat berpendapatan rendah, berpendidikan dasar, tinggal di desa, berjenis kelamin wanita, dan berusia antara 20-39 tahun

Ulama juga lebih didengar oleh pemilih partai dengan basis agama (PKB,PPP, PKS, PBB) dibandingkan partai nasionalis.

Lima ulama yang paling didengar himbauannya dan juga cukup dikenal adalah Ustadz Abdul Somad, Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Yusuf Mansur,Abdullah Gymnastiar (AA Gym), dan Habib Rizieq Shihab.

Namun survei juga menyimpulkan, sejak ke Arab Saudi dalam waktu yang lama dan dicitrakan berkasus hukum, pengaruh Habib Rizieq Shihab berkurang cukup signifikan

Survei dilakukan pada 10-19 Oktober 2018. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error sebesar kurang-lebih 2,8 persen.

“Data utama bahwa tokoh agama atau ulama yang paling berpengaruh, di antara profesi lain, dengan pertanyaan mana yang paling didengar imbauan oleh Bapak/Ibu? Hasilnya mayoritas memilih tokoh agama untuk didengar imbauannya sebesar 51,7 persen,” kata peneliti LSI Ikrama Masloman dalam paparan hasil survei LSI di kantor LSI Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/11).

Ikrama mengatakan tokoh agama dipilih karena identitas keilmuannya yang dijadikan panutan bagi publik sehingga menjadi referensi publik dalam memilih sesuatu. Pemilihan tokoh ulama ini melalui proses kriteria.

“Kami akan memunculkan lima tokoh di survei kami yang berdasarkan kriteria kami, yaitu dikenal di atas 40 persen, disukai di atas 50 persen, dan terakhir didengar imbauannya di atas 15 persen,” tuturnya.

Hasilnya, ada lima tokoh yang dinilai punya pengaruh penting dan didengarkan imbauannya: Kelima nama ini didominasi pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.
(dib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini