oleh

“Joker” Film Yang Mencuri Perhatian Khalayak Potensi Oscar

BojonegoroDetakpos – “Joker”, demikian judul film besutan Todd Philips yang mulai tayang di studio film di Tanah Air sejak 2 Oktober lalu, mampu mencuri perhatian khalayak dan disebut-sebut berpotensi memperoleh Oscar.

Berbagai kritisi film juga penikmat film yang sudah menonton di akhir film mengaku takjub menyaksikan film Joker yang diperankan oleh aktor Joaquin Phoenix. Dalam film Joker itu berdiri sendiri, karena di film yang sudah ada sebelumnya tokoh Joker selalu menjadi lawan Batman.

“Film Joker bukan untuk konsumsi anak-anak. Ini film bagi orang dewasa, meskipun tokoh Joker dikenal anak-anak,” demikian komentar salah satu kritisi film di Indonesia.

Di dalam penggalan film Joker yang direlease Warner Bros di YouTube hingga berita ini ditulis sudah dilihat sekitar 58 juta. Mengambil setting kota Gotham di tahun 1980, dalam film itu digambarkan Joker seorang tokoh komedian yang gagal.

Dalam penggalan film Joker tersebut menggambarkan kehidupan Arthur Fleck di Gotham era 80-an, sebelum ia berubah menjadi tokoh komedian Joker yang gagal. sebagai badut selalu terlunta-lunta di jalanan, menjadi pesakitan, bahkan menjadi korban pengeroyokan di subway yang sepi. Ia sebenarnya juga tekun merawat ibunya yang diperankan Frances Conroy yang dalam kondisi sakit.

Tidak hanya itu, ia juga diperlihatkan mengunjungi sebuah rumah sakit Arkham Hospital dan bertemu dengan sosok anak kecil yang diperkirakan Bruce Wayne atau Batman.

Di dalam release film itu diakhiri dengan penampakan Fleck dengan kostum lengkap Joker yang mencolok.

Mengomentari nasib tokoh Joker di dalam film itu, di media beredar ungkapan yang cenderung sebuah pembenaran bahwa ” Orang jahat adalah orang baik yang tersakiti”.

Tentunya hal itu berbeda berdasarkan analisa psikolog yang menganggap bahwa hanya pribadi yang lemah yang menjadi destruktif ketika yang bersangkutan tersakiti. (*)

Penulis: Agus S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini