oleh

Sepeda Motor Listrik Ditandatangani Jokowi Laku Rp 2,55 Miliar

 

JakartaDetakpos-Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona berhasil menggalang donasi  Rp 4.003.357.815.

Salah satunya disokong dari hasil lelang sepeda motor listrik merk Gesits yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) . Sepeda motor produksi anak negeri itu berhasil dilelang dengan harga fantatis Rp 2,55 miliar. Pemenang lelangnya adalah pengusaha M Nuh asal Kampung Manggis, Jambi.

Lelang itu berlangsung di “Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona” di Studio TVRI Jakarta, Minggu (17/5).

Sepeda motor tenaga baterai ini bisa menempuh jarak 70 kilometer sekali pengisian baterainya sekitar 3 jam. Acara lelang sepeda motor itu dipimpin oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Nasional (Kadin) Rosan Roslani.

Sebelum lelang diawali sambutan Presiden Jokowi lewat video. “Kita adalah bangsa yang besar, tangguh, dan kuat. Itu sudah kita buktikan dari pengalaman sejarah. Mari kita tunjukkan ke dunia bahwa kita mampu menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Jokowi mengajak peduli ke sesama, tertama yang menderita Covid-19. “Mari jaga diri kita, lingkungan kita, mari bersama-sama perangi pandemi Covid-19,” tegasnya.

Sejumlah pejabat negara menyanyikan lagu Berkibarlah Benderaku. Disusul Lyodra, Via Vallen, dan Shanna Shannon menyanyikan lagu Ibu Pertiwi.
Sejumlah penyanyi tampil di konser virtual di antaranya, Rossa, Judika, Iin Parlina dan lainnya.

Menjelang lelang sepeda motor listrik, Via Vallen menyanyi lagu Aisyah, istri Rasulullah. “Mari kita ikuti lelang sepeda motor listrik yang ditandatangani Bapak Presiden Jokowi,” ajak penyanyi dangdut asal Sidoarjo ini.

Lelang sepeda motor listrik itu dilakukan lewat saluran telepon yang dijaga oleh oleh penyanyi Iis Dahlia, Dewi Persik, Cita Citata dan Wanda Hamidah. Lelang sepeda motor yang sempat dinaiki Presiden Jokowi keliling istana ini sangat seru.

Tawaran awal masuk Rp 500 juta dari penelepon. Tak lama kemudia, penelepon bernama Andi menawar Rp 700 juta. Disusul penawaran Asuransi Cakrawala Rp 778 juta.

Setelah itu, bermunculan penawaran Rp 1 miliar yang diterima Cita Citata, Dewi Persik dan Iis Dahlia. Namun sebelum sempat diverifikasi nomor teleponnya, sambungan terputus.

Akhirnya Warren Haryputra Tanoesoedibjo yang menghubungi telepon seluler (ponsel) Olivia Zalianty menawar Rp 1,2 miliar. Kemudian disusul penawaran mantan anggota DPR RI Maruarar Sirait Rp 1,4 juta lewat ponsel Rosan Roslani yang memimpin lelang.
Warren Tanoe terus merangkak naik penawarannya mulai dari Rp 1,5 miliar hingga Rp 2,1 miliar. Maruarar Sirait pun naik menjadi Rp 2,5 miliar.

Dalam suasana penawaran lelang yang bersahut-sahutan dari lima artis penerima saluran telepon, Olvia Zalianty dan Rosan dari ponselnya membuat pembawa acara Choky Sitohang, dan Andy F Noya kebingungan. “Kita break iklan dulu sambil menunggu telepon yang masuk. Kita rehat sejenak,” ujar Choky.

Setelah break iklan, Wanda Hamidah mengatakan ada penawaran tertinggi Rp 2,550 miliar dari pengusaha M Nuh asal Kampung Manggis, Jambi. “Bagaimana saya bantu untuk memutuskan Bang Andi,” ujar Choky. Any F Noya pun menjawab bila kebingungan untuk menentukan pemenangnya. “Saya juga tidak bisa membantu,” ujarnya sambil tertawa.

Akhirnya Olivia yang akan mendistribusikan donasi melalui yayasannya, Generasi Lintas Budaya itu, menghitung mundur dari angka sepuluh. Ternyata tak ada telepon lagi yang masuk untuk menaikkan penawaran. Sedangkan Olivia Zalianty dan Rosan sekali-kali melihat ponselnya karena sinyalnya kurang bagus.

“Tidak ada penawaran lagi yang masuk, maka pemenangnya pengusaha M Nuh dari Jambi sebesar Rp 2,550 miliar,” ujar Choky.

Awalnya yang dilelang lukisan bergambar harimau karya Iwan Suhaya yang berjudul Menembus Dimensi. “Silakan telepon yang mau berdonasi dibuka harga Rp 100 juta,” ujar aktris Olivia Zalianty.
Sebelum ada yang telepon, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku tertarik dengan lukisan tersebut. “Kalau Rp 100 juta saya ambil sendiri,” ujarnya kepada pembawa acara Choky Sitohang.

Olivia Zalianty pun menimpali bila Rp 100 juta itu harga minimum. Bamsoet pun merespons dengan menaikkan donasinya menjadi Rp 150 juta,” ujar Bamsoet.

Saat ditanya pembawa acara Andi F Noya, mengapa terarik lukisan itu, Bamsoet pun menjelaskannya. “Saya tertarik lukisan macan karena shio saya,” ujarnya.

Bamsoet sebagai pemrakarsa konser virtual ini bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB/Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19) memaparkan sebulan lalu didatang para pekerja seni untuk mengadakan konser virtual ini.

“Saya menyambutnya dengan baik. Seperti tadi ada anak kecil menyumbangkan celengannya bersama saudara-saudaranya. Ini menunjukkan ada rasa solidaritas. Malam ini kita bisa menunjukkan ke dunia, kita bisa bersatu dan memiliki nilai Pancasila. Yang lebih penting lagi memberi itu indah,” ujar Bamsoet dilansir kadenews.com.

Menariknya, jaket produksi anak negeri dengan merk Rigio berhasil dilelang Rp 500 juta. Pemenangnya Christoper. Lukisan lain karya Nasirun berhasil dilelang Rp 500 juta. Pemenang lelang lukisan itu, Rouke Tumilaar, Dirut Bank Mandiri. Sungguh fantatis.

Bahkan ada pedagang beras yang menyumbangkan Rp 100 juta untuk seniman, pekerja seni, petani, nelayan dan warga terkena dampak Covid-19 ini. “Total hasil lelang Rp 4.003.357.815,” sebut Choky Sitohan. Konser vitual ini ditutup dengan doa yang disampaikan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. 

Editor: AvAdib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini