oleh

Ingin Turunkan Tekanan Darah? Lakukan “DASH” Diet


Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Penyakit ini juga merupakan termasuk dalam penyakit tidak menular yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia.

Namun demikian, tekanan darah tinggi sebenarnya bisa dicegah dan dikendalikan. Pengendaliannya antara lain dengan pola hidup yang benar, salah satunya dengan diet yang benar.

Mayo Clinic memperkenalkan apa yang disebut dengan “Dietary Approaches to Stop Hypertension” (DASH). Diet ini memiliki sasaran untuk menurunkan konsumsi garam serta meningkatkan konsumsi makanan-makanan kaya nutrisi terutama nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, yaitu kalium, kalsium dan magnesium.

Sebaimana dilansir laman mayoclinic.org, DASH Diet memiliki dua versi yang berbeda pada pembatasan konsumsi garam. Versi standar membatasi konsumsi garam hingga 2300 miligram per hari sebagaimana disarankan oleh Dietary Guidelines for Americans. Versi rendah membatasi konsumsi garam hingga 1500 miligram sebagaimana disarankan oleh The American Heart Association.

Menurut Mayo Clinic, jika Anda melakukan DASH Diet maka tekanan darah Anda akan segera turun dalam dua minggu sejak pertama kali melakukan diet. Karena DASH Diet merupakan pola hidup sehat, jika Anda melanjutkannya sebagai pola hidup sehari-hari, maka Anda juga akan dapat mencegah penyakit selain tekanan darah tinggi, seperti osteoporosis, kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes mellitus.

DASH Diet relatif mudah untuk dilakukan karena tidak memerlukan makanan-makanan khusus dan Anda hanya perlu sedikit memodifikasi makanan yang sudah sehari-hari Anda konsumsi.

Panduan yang diberikan oleh Mayo Clinic cukup sederhana, yaitu dengan mengganti sumber karbohidrat Anda dari yang seebelumnya beras putih menjadi beras merah, meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran, mengganti susu full cream dengan susu rendah lemak.

Mengkonsumsi ikan, menghilangkan kulit dan lemak jika mengkonsumsi daging unggas. Kacang dan biji-bijian tetap disarankan untuk dikonsumsi karena banyak mengandung mineral yang baik serta asam lemak omega 3, namun jumlahnya dibatasi karena kandungan kalori yang tinggi.

Selain itu, Anda tetap boleh mengkonsumsi daging merah (tanpa lemak) dan makanan-makanan manis, namun hanya boleh beberapa kali dalam seminggu.

Dengan melakukan DASH Diet, target penurunan tekanan darah bisa tercapai selain itu kebutuhan gizi seimbang tetap terpenuhi. (*)

Nove Zain Wisuda Alumnus The Royal Tropical Institute, Amsterdam

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini