oleh

Kenalkan Energi Migas dan Panas Bumi Sejak Dini, Melalui Literasi

YogyakartaDetakpos – Tim Pengabdian Bagi Masyarakat Internal (PbM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta, akan memperkenalkan energi migas dan panas bumi sejak dini melalui literasi.

Kegiatan literasi tersebut direncanakan pada 19 Juli 2019 di Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Kegiatan ini didasari oleh kurangnya pengetahuan guru dan anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Wedi, Klaten tentang pengetahuan seputar energi migas dan panas bumi.

Pada tahun 2016 telah dilakukan penelitian mengenai literasi minyak dan gas bumi di SD Karang, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten dan hasilnya mereka sangat antusias dalam mengikuti rangkaian programnya.

Kegiatan literasi ini digagas oleh para dosen di UPN “Veteran” Yogyakarta. Program literasi energi migas dan panas bumi ini di ketuai oleh M.Th. Kristiati EA, ST., MT dan dua anggotanya bernama Indah Widyaningsih, ST., MT dan Yudhy Widya Kusumo, S.Sos., M.A.

Dua dosen berasal dari Jurusan Teknik Permiyakan, Fakultas Teknologi Mineral dan satu dosen berasal dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Selain ketua dan anggota, kegiatan ini juga melibatkan 2 orang mahasiswa, dan satu tenaga kependidikan yang akan membantu.

Direncanakan kegiatan literasi ini akan melibatkan 10 SD di wilayah Kecamatan Wedi, di mana setiap SD mengirimkan 3 guru dan 6 murid (3 laki-laki dan 3 perempuan).

Awal kegiatan ini sudah dilakukan survey awal yang dilanjutkan dengan persiapan kegiatan yakni mengurus beberapa perijinan dan kerjasama.

Kegiatan literasi ini bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah(UPTD) Pendidikan di Kecamatan Wedi untuk membantu mengkoordinasi dengan seluruh SD yang berada di Kecamatan Wedi. Rangkaian kegiatan literasi ini direncanakan dalam dua tahapan.

Tahapan pertama, yakni pemaparan materi kepada guru dan siswa SD mengenai energi migas dan panas bumi. Pemaparan ini dilakukan dengan pemutaran video motion graphics yang sangat menarik.

Dalam video literasi ini ada sebuah tokoh yang bernama Migi yang akan menerangkan seputar energi minyak dan gas bumi serta panas bumi. Tokoh Migi digambarkan dalam sebuah sosok anak kecil yang menggunakan wearpack atau baju lapangan khas pertambangan dengan warna hijau yang identik dengan UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dengan atribut safety helmet atau helm keselamatan tokoh Migi ini akan semakin mewakili kegiatan literasi energi minyak dan gas bumi serta panas bumi.

Tahapan kedua, yakni pemberian motivasi untuk membaca dan menulis bagi guru dan siswa sekaligus pemberian materi pembelajaran mengenai energi migas dan panas bumi berupa buku dan video pembelajaran.

Di tahap kedua ini siswa dan guru diminta menggambarkan kembali atas penjelasan dari pemaparan tahap pertama melalui gambar dan sebuah keterangan. Setelah itu gambar yang telah dibuat, rencananya akan dibukukan sebagai hasil capaian atas penerimaan pesan literasi.

Setelah pemaparan materi dan pelatihan motivasi, kegiatan ini akan dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi yang akan dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat)LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta. Di akhir kegiatan literasi ini juga terdapat laporan akhir yang akan diserahkan ke LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta. (*)

Sumber: UPN”V” Yogyakarta
Editor: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini