oleh

Sebentar Lagi Cangkok Organ Babi Untuk Manusia

 

Tidak lama lagi cangkok organ babi untuk manusia (Xenotransplantation) akan memungkinkan. Oleh karena ada teknologi baru yang telah ditemukan oleh para peneliti. Teknologi tersebut dapat menghilangkan ketidakcocokan organ babi dengan manusia.

Selama ini cangkok organ babi untuk manusia tidak mungkin dilakukan karena adanya ketidak cocokan masalah imunitas dan genetic babi yang terkait dengan virus atau disebut Porcine Endogenous Retroviruses (PERVs).

Sebagaimana dilansir oleh livescience.com, para peneliti di eGenesis, sebuah perusahaan bioengineering  di Cambridge, Massachusett dapat memodifikasi DNA babi dengan menggunakan alat CRISPR-Cas 9.

Dengan menggunakan alat tersebut peneliti dapat membuang bagian DNA babi yang terkait dengan PERVs. Dengan demikian, organ babi akan aman saat dicangkokkan pada manusia.

Secara lebih teknis, peneliti melakukan pemotongan gen babi yang terkait dengan PERVs pada kultur sel.  Sel yang telah bebas PERVs tersebut disuntikkan pada sel telur babi untuk kemudian dikembangkan menjadi bayi babi.

Berdasarkan pemeriksaan genetik, bayi babi tersebut telah terbebas dari PERVs.

Penemuan ini diharapkan mampu menjawab masalah yang selama ini ada. Yaitu kekurangan donor organ untuk orang yang memerlukan cangkok organ.

Selama ini orang yang memerlukan cangkok organ harus menunggu untuk mendapatkan donor, tidak sedikit dari mereka yang harus meninggal sebelum mendapatkan donor organ yang dibutuhkan. (*)

Nove Zain Wisuda
Alumnus The Royal Tropical Institute, Amsterdam

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini