Dibuatkan Sodetan Atasi Penyumbatan Sungai Kedungmaor Bojonegoro

Bojonegoro, detakpos – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Jawa Timur, membuat sodetan untuk mengatasi aliran air sungai Kedungmaor, di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, yang tersumbat material batu dan tanah, Sabtu.

“Pembuatan sodetan meminta bantuan buldoser PT Hutama Karya (HK) yang mengerjakan pembangunan Waduk Gonseng,” kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Bojonegoro Yudi Hendro.

Saat ini, lanjut dia, sejumlah pekerja PT HK dengan buldoser membuat sodetan untuk mengalirkan air selebar 5 meter dengan panjang lebih dari 300 meter.

Pembuatan sodetan, lanjut dia, lokasinya di utara sungai Kedungmaor, sehingga air yang sekarang menumpuk bisa mengalir dan masuk ke kedung.

“Air sungai Kedungmaor sekarang penuh, karena air tidak bisa mengalir tertutup batu dan tanah yang panjangnya juga ratusan meter,” jelas dia.

Pihak Kecamatan Temayang, mengetahui sungai Kedungmaor, di wilayah setempat tertutup batu dan tanah, pagi tadi. Kedian itu kemudian dilaporkan kepada BPBD.

“Karena lokasi setempat objek wisata maka pekerjaan pembuatan sodetan menjadi tontonan,” ucap Yudhi menambahkan. (tim detakpos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *