oleh

Sistro Jamin Distribusi Pupuk Bersubsidi Lancar

GresikDetakpos-Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia terus berinovasi dalam mendukung pemerintah menjaga ketahanan pangan nasional. Utamanya dalam hal menjamin kelancaran distribusi pupuk bersubsidi.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi mengungkapkan, dukungan tersebut salah satunya diwujudkan melalui program inovatif Sistro atau Sistem Scheduling Truck Online.

Saat ini Petrokimia Gresik memiliki kurang lebih 70 rekanan transportasi darat, dengan total armada sekitar 10.000 truk untuk wilayah Jawa-Bali. Sedangkan rerata pengeluaran total pupuk perhari sebesar 10.000 ton atau setara 400 truk dengan jumlah titik muat hanya tujuh gudang.

“Jika jadwal muat pupuk ini tidak tersistem dengan baik, maka akan terjadi antrean yang panjang, dan distribusi pupuk ke petani pun bisa terkendala. Saat ini Petrokimia Gresik berhasil menghilangkan potensi masalah tersebut melalui SISTRO,” ujar Rahmad.

Sistro merupakan sistem penjadwalan truk secara online (aplikasi berbasis web) dengan menyinkronkan antara kedatangan truk, kemampuan muat, dan kapasitas produksi pabrik.

Rahmad menjelaskan bahwa, sebelum ada Sistro semua proses order truk ke rekanan untuk distribusi pupuk ke Gudang Penyangga Jawa-Bali masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mengirimkan Purchase Order (PO) melalui email dan di-follow up lebih lanjut melalui telepon.

Dengan cara manual, rata-rata satu truk menginap di gudang selama dua hingga tiga hari. Transportir tidak memiliki kepastian muatan dan akhirnya antre selama berhari-hari.

“Sedangkan setelah ada Sistro, satu truk maksimal hanya menginap satu hari,” ujar Rahmad.

Aplikasi SISTRO sendiri terinspirasi dari konsep pemesanan tiket pesawat online. Pihak maskapai membuka jadwal penerbangan, kemudian calon penumpang dalam hal ini transportir melakukan booking sesuai tanggal dan shift yang telah dialokasikan.

“Kuota penumpang pesawat” dalam hal ini slot pemuatan yang sudah disinkronkan dengan hasil produksi pabrik, kemampuan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), ketersediaan stok dan jumlah antrean sehingga transportir memiliki kepastian jadwal dan tidak terjadi penumpukan antrean.

Dengan sistem ini, pemilik truk juga bisa memantau posisi kendaraannya secara online. Apakah masih ada di security, di jembatan timbang, atau masih pemuatan bisa dipantau langsung via aplikasi. Sebab Sitro menyediakan data secara real time.

Benefit dari sistem ini, rekanan mendapat kepastian jadwal untuk muat. Dampaknya, kuantitas pengangkutan rekanan dapat lebih maksimal dibandingkan sebelumnya. Dengan demikian, distribusi pupuk subsidi sudah ada di kios-¬kios saat dibutuhkan petani. Ketersediaan pupuk ini menjadi faktor vital dalam upaya peningkatan produktivitas hasil panen dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani dan menjaga ketahanan pangan nasional.(d/6).

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini