oleh

Pahlawan Milenial

JakartaDetakpos-Tidak ada bangsa yang besar tanpa jiwa kepahlawanan. Kehadiran, Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peran para pahlawan.

Jiwa, raga, bahkan ceceran darah, demi kehadiran Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Sejatinya, heroisme 10 November, menurut Ketua Komosi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto sangat mengesankan, menyejarah dan nilai nilainya perlu ditanamkan kepada anak bangsa pada zamannya.

” Tentu, dengan metode yang ramah dan kontekstual,”ujar Susanto di Jakarta, Sabtu (10/11).

Dulu, para pahlawan merebut kemerdekaan dengan darah dan air mata. Tentu, generasi milenial perlu mentransformasikan nilai kepahlawanan tersebut ke dalam era dan zaman generasi millenial saat ini.

“Berjuang dengan gagasan inovatif, karya yang orisinil, dedikasi membantu kelompok rentan, menumbuhkan budaya berkarakter dalam keseharian, merupakan cermin kepahlawanan yang bisa dilakukan generasi millenial,”katanya.

Jika ada teman atau anak lain menjadi korban bully, jangan dibiarkan. Cegah semampunya, berupaya secara proporsional dan jika perlu minta bantuan orang lain utk mencegahnya.

Jika ada teman rentan terpapar jaringan kejahatan siber, jangan dibiarkan. Lakukan sesuatu, agar yang bersangkutan bisa terselamatkan.

Bantu pula memberikan literasi digital, agar memiliki daya filter dan cegah. Jika ada teman atau adik kelas, kurang semangat belajar, bangkitkan semangatnya agar ia menjadi pembelajar dan menjadi anak bangsa yang berprestasi.

Jika ada anak rentan menjadi korban trafiking, lakukan upaya semampunya agar tidak menjadi korban.

Apapun bakat anak bangsa, mesti terus dikembangkan seoptimalmungkin agar ke depan, Indonesia menjadi bangsa yang berpengaruh di dunia. A

“Anak bangsa yang terus mengasah idealisme, bakat dan potensinya untuk selalu berkarya, tentu juga merupakan cerminan jiwa kepahlawanan era milenial.”

Selamat Hari Pahlawan, Semoga Indonesia terus bertumbuhan pahlawan millenial.(dib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini