oleh

Belum Diketahui Penyebab Karhutla di Magetan

BojonegoroDetakpos – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Jawa Timur, menyatakan penyebab kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Magetan, belum diketahui.

“Penyebab karhutla di Magetan masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib,” kata Kasi Darlog BPBD Magetan Fery, dalam release yang diterima detakpos di Bojonegoro, Minggu (17/11).

Berdasarkan data BPBD setempat kebakaran karhutla terjadi di Desa Bedagung, dan Sukowidi, Kecamatan Penekan, dan Desa Bangunasri, Kecamatan Barat, Magetan.

Kerugian material kebakaran di lereng Gunung Lawu di Kecamatan Penekan, lahan terbakar seluas 2,5 hektare dan Kecamatan Barat sekitar 100 meter persegi.

Mengenai upaya pemadaman, menurut dia, dilakukan BPBD, bekerja sama dengan Perhutani, TNI, Polri, perangkat desa, masyarakat sekitar melakukan proses pemadaman dan pembuatan ilaran agar api tidak meluas.

Selain itu BPBD berkoordinasi dengan OPD terkait untuk penutupan jalur pendakian via Cemoro Sewu dan Singolanggu.

Menurut dia, pukul 19:00 WIB, proses pemadaman dihentikan dan dilanjutkan besok pagi namun tetap melakukan pemantauan apabila terjadi situasi membahayakan dan mengancam pemukiman penduduk. (*)

Sumber : BPBD Magetan
Editor : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini